PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS SISWA

Siti Nur Azila, Laila Khamsatul Muharromi, Irsad Rosidi, Fatimatul Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran advance organizer berbasis mind mapping terhadap kreativitas siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMP N 2 Kwanyar kelas VIIA dan VIIB. Desain penelitian yang digunakan True-Eksperimental Design dengan bentuk desain Posttest-Only Control Design. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan nilai rata-rata antara kelas kontrol dan eksperimen. Nilai signifikansi uji t sampel bebas hasil signifikansi 0,001 kurang dari sama dengan 0,05 dan nilai  thitung  diperoleh 3,854 dan dibandingkan dengan ttabel diperoleh df = 28 sebesar 2,048. Karena -thitung kurang dari sama dengan ttabel kurang dari sama dengan thitung  (-3,854 kurang dari sama dengan 2,048 kurang dari sama dengan 3,854) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran advance organizer berbasis mind mapping berpengaruh signifikan terhadap kreativitas siswa.


References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Alamsyah, T. P. dan Turmudi. (2016). “Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif serta Self-Esteem Matematis Siswa Melalui Model Advance Organizer”, Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1, hal. 119-128.

Luritawati, I. P dan Nuraeni, R. (2015). Model Advance Organizer Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 6 Nomor 1, hal. 13-19.

Malik, R. (2015). A Study Of The Effectiveness Of Advance Organizer Model On Students Achievement In Economics. International Journal Of Advance Organizer Research In Management and Socia Sciences. Vol. 4 No. 4.

Munawaroh, F. (2014). Pembelajaran Berbasis proyek Pada Mata Kuliah Instrumentasi Laboratorium Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pembuatan Alat Peraga IPA Yang Inovatif. Jurnal Pena Sains. Volume 1 Nomor 1, hal. 60-66.

Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education Universitas Negeri Semarang. Hal. 54-60.

Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Teroadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models Of Teaching (Model-Model Pengajaran). Jakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.