PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Mutmainnah Mutmainnah, Mochammad Ahied, Irsad Rosidi, Yunin Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar empiris induktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimendan dilaksanakan di MTsN 3 Pamekasan, dengan populasi semua siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Hasil pada penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh model pembelajaran siklus belajar empiris induktif pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai positif thitung 2.967 lebih dari nilai ttabel 2.0003 dan nilai signifikansi 0.004 kurang dari 0.05 sehingga H0  ditolak dan H1 diterima, hasil tes ketermpilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu 76.83.


References


Akbar, S. 2013. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arends, R. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arini, P dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif Dengan Peta Konsep Terhadap Pemahaman Konsep IPA Pada Siswa Kelas V SD Kec. Sukasada. e-Jurnal PGSD, Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 3, No. 1.

Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiyono.2017. Statistika Untuk Penelitian Edisi Ke- 2. Surakarta: UNS Press

Campbell, N.A. 2008. Biologi Edisi Kedelapan Jilid 3. Jakarta : Erlangga.

Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Erlangga.

Ennis, R.H. 1995. Crtical Thinking. USA: Prentice-Hall, Inc. Vol. 32, No. 3.

Filsaime, D.K. 2008. Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Karim, N. 2015. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model jucama di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat. Vol 3, No. 1.

Mujtahidin. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Surabaya: Pena Salsabila.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, U.U. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2 Polombangkeng Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Studi Pendidikan Fisika, Universitas Muhammadiyah Makassar. Vol 2, No. 3 ISSN: 2302-8939.

Rahmatika, R. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Scientific Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pena Sains, Studi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya. Vol 3, No. 2 ISSN: 2407-2311.

Riduwan. 2012. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Ritchie, D.D. 1983. Biology edisi ke 2. USA: Addison-Wesley Publshing Company.

Rosidi, I. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Integrated untuk Mengetahui ketuntasan Belajar IPA Siswa SMP Pada Topik Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Pena Sainsprogram Studi Pendidikan IPA, FIP, Universitas Trunojoyo Madura. Vol 2, No. 1 ISSN: 2407-2311.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar - Ruzz Media.

Siregar, S. 2017. Statistika Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slavin, R.E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik Jilid 1. Jakarta : Indeks.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. 2016. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Surya, M. 2015. Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2013. Psikologi Pendidikan Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Tawil, M dan Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran IPA. Makassar Universitas Negeri Makassar.

Trianto. 2007. Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Prestasi Pustaka

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi. 2012. Developing chemistry’s learning media based on cooperative approach of student teams achievement division type in improving process and student leraning outcomes quality at SMA negeri Marawola. Magister of Science Education Postgraduate Program, Tadulako University. Vol 2, No. 1.

Wena, M. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara.

Wisudawati, A dan Eka S. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.4150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.