Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Natural Science Education Research atau NSER adalah suatu wadah publikasi hasil penelitian yang mencakup pada hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang mencakup penelitian tentang pendidikan IPA baik di sekolah dasar, menengah ataupun perguruan tinggi. Ruang lingkup penelitian meliputi 1) Penerapan Strategi, Model, atau Pendekatan pembelajaran di dalam kelas, dalam bentuk penelitian tindakan kelas ataupun eksperimen; 2) Penelitian pengembangan, penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui respon, validitas, keterbacaan ataupun lainnya yang telah diujicobakan di dalam kelas terbatas. Pengembangan meliputi pengembangan buku, modul, Lembar Kerja Siswa, instrumen penilaian, media belajar ataupun yang lainnya, baik dalam bebasis IT ataupun non-IT; 3) Penelitian dan Pengembangan atau R and D, jenis penelitian ini bukan hanya mengembangkan suatu perangkat pembelajaran, tetapi juga melakukan uji coba pada sekala besar, yang bertujuan untuk mengetahui efek atau pengaruh dari perangkat yang dikembangkan; 4) Analisis muskonsepmi dalam pembelajaran IPA; dan 5) Analisis butir soal dalam asesmen dan evaluasi pada pembelajaran IPA.

 

Kebijakan Bagian

Artikel Jurnal

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

Artikel Conference

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...