ANALISIS DISKRIMINAN DALAM MEMPREDIKSI KINERJA SEKTOR PERBANKKAN DI INDONESIA

Evaliati Amaniyah

Abstract


Penilaian kinerja perusahaan bisa dilakukan melalui analisis dari laporan keuangan seperti arus kas, laporan laba-rugi dan neraca. Laporan keuangan adalah suatu wujud dari tanggungjawab manajemen di kinerja perusahaan]. Pada umumnya, kinerja perusahaan dikatakan tidak baik apabila pihak manajemen kurang memiliki  kemampuan dan pengalaman di dalam mengantisipasi kejadian yang juga akan mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan itu. Tujuan dari  studi ini adalah untuk menentukan kontribusi rasio keuangan CAR (Capital Adequacy Ratio/rasio penyediaan modal),  NPL (Non Performing Loans),  ROA (Return on Asset) dan ROE (Return on Equity) di dalam menggolongkan bank-bank antara kinerja yang baik dan kinerja tidak baik dengan menggunakan analisis diskriminan. Berdasarkan pada penarikan sample secara purposive sampling, ada 53 kategori dari bank-bank kinerja yang baik dan 27 kategori dari bank-bank kinerja buruk. Hasil dari analisis dengan menggunakan keempat rasio keuangan di atas (CAR, NPL, ROA, dan ROE ), tingkat ketelitian 95%, serta menggunakan leave-one-out untuk silang validasi kelompok menunjukkan bahwa model ramalan yang digunakan mempunyai tingkat akurasi sebesar  93.8%.

Keywords


bank-bank, rasio keuangan, kinerja

References


Altman, Edward. 1968, “Financial ratios, discriminant analysis and the prediction of corporate bankruptcy” Journal of Finance.

Bank Indonesia, 2006 ”Direktori Bank Indonesia” Jakarta

Bernstein, L. 1993, ”Financial Statement Analysis: theory, Application and Interpretation” 5th ed, Richad D Irwin Homewood II.

Brigham, Eugene. and Daves, Philip. 2004, ” Intermediate Financial Management” 8th edition Thomson, South-Western USA.

Dahlan Siamat, 1999 ”Manajemen Lembaga Keuangan” Jakarta FEUI.

Hair et al, 2006 ” Multivariate Data Analysis” sixth edition Singapore Prentice Hall.

Hasibuan, M 2004 ”Dasar-dasar Perbankan” Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Horne, James. and Wachowich, John. 2005, “Fundamental of Financial Management” Prentice Hall International, New Jersey.

Iman Ghozali, 2005 “Analisis Multivariate dengan Program SPSS”, Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ross, Stephen., Westerfield, Randolph., Jaffe, Jeffrey. and Jordan, Bradford. 2008, “Modern Financial Management” eighth edition Mc Graw-Hill International edition New york

Sabar. 2003, “Analisis Diskriminan Dalam Memprediksi Kondisi Financial Distress Pada Industri Manufaktur di BEJ” Surabaya Tesis tidak diterbitkan Program Pascasarjana Unair.

Sandin, Ariel. and Porporato, Marcela. 2007, “Corporate bankcruptcy prediction models applied to emerging economies: evidence from Argentina in the years 1991-1998” International Journal of Commerce & Management.

Uma Sekaran 2006 “Research Method for Business” buku satu edisi empat Salemba empat Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v4i1.579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura