DETEKSI EARNINGS MANAGEMENT MELALUI BEBAN PAJAK TANGGUHAN, AKRUAL DAN ARUS KAS OPERASI (Studi Pada Perusahan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006 – 2008)

Ardi Hamzah

Abstract


Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari beban pajak tangguhan, akrual, dan arus kas operasi terhadap deteksi earnings manajemen untuk menghindari pelaporan pendapatan yang berkurang dan merugi. Sampel riset adalah real estat dan perusahaan properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk 2006 -2008 dengan menggunakan metoda purposive random sampling. Ada 10 perusahaan dari 39 perusahaan yang diambil sebagai sampel. Metoda analisis dari  riset ini menggunakan regresi logistik. Hasil dari riset menunjukkan bahwa (1) beban pajak tangguhan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen pendapatan  untuk menghindari pelaporan pendapatan yang menurun; (2) accrual dan arus kas operasi tidak mempunyai pengaruh  terhadap deteksi earnings manajemen untuk menghindari pelaporan pendapatan yang menurun; (3) beban pajak, accrual, dan arus kas operasi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam  pendeteksian manajemen pendapatan   untuk menghindari pelaporan yang  merugi.

Keywords


manajemen pendapatan, beban pajak tangguhan, accrual dan arus kas operasi

References


Agung, I Gusti Ngurah. 2004. Statistika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Belkaoui, Ahmed Riahi. 1985. Teori Akuntansi. Bandung : Thomson Learning.

Harahap, Sofyan Syafri. 2002. Teori Akuntansi. Jakarta: Bumi Aksara.

Herawati, Nurul dan Baridwan, Zaki. 2007. Manajemen Laba Pada Perusahaan yang Melanggar Perjanjian Utang. Simposium Nasional Akuntansi X. Makassar.

Hidayati, Siti Munfiah dan Zulaikha. 2003. Analisis Perilaku Earnings Management: Motivasi Meminimalisasi Income Tax. Simposium Nasional Akuntansi.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2004. Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Salemba Empat.

Indiantoro dan Supomo. 1999. Metodelogi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Keiso dan Weygand. 1995. Akuntansi Intermediate. Jakarta: Binarupa Aksara.

Lumbantoruan, Sophar. 1996. Akuntansi Pajak. Jakarta : PT. Grasindo.

Philips, Pincus dan Rego. 2003. Earnings Management New Evidence Based On Deffered Tax Expense. Jurnal Akuntansi. Vol. 78, No.2.

Purba, Marisi dan Andreas. 2005. Akuntansi Pajak Penghasilan. Jakarta: Graha Ilmu.

Riduwan, Akhmad. 2004. Pengaruh Alokasi Pajak Antar Periode Berdasarkan PSAK No. 46 Terhadap Koefisien Respon Laba Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi. Surabaya: STIESIA.

Satywati, Dhinik. 2007. Deteksi Earnings Management Melalui Beban Pajak Tangguhan, Akrual Dan Arus Kas Operasi Terhadap Perusahaan Manufaktur Yang Go Public Di Bursa Efek Jakarta. Skripsi Perpajakan. Surabaya: PERBANAS.

Suandy, Erly. 2006. Perencanaan Pajak. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulistyanto, Sri dan Wibisono Haris. 2003. Good Corporate Governance. Artikel. Semarang: 23 Oktober 2003.

Tiono, Meiden dan Prasetyo. 2004. Manajemen Laba dalam Initial Public Offerings (IPO) Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi.

Triyuwono, Iwan. 2007. Buku Pedoman Penulisan Skripsi. Bangkalan: Universitas Trunojoyo.

Ujiyantho, Muh Arief. 2004. Asimetri Informasi Dan Manajemen Laba: Suatu Tinjauan Dalam Hubungan Keagenan. Simposium Nasional Akuntansi.

Wedari, Linda Kusumaning. 2004. Analisis Pengaruh Proporsi Dewan Komisaris Dan Keberadaan Komite Audit Terhadap Aktivitas Manajemen laba. Simposium Nasional Akuntansi.

Wulandari Deni, Kumalahadi dan Prasetyo. 2004. Indikasi Manajemen Laba Menjelang Undang-Undang Perpajakan 2000 Pada Perusahaan Manafaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi.

Wulandari, Permata. 2008. Peluang Investasi Pada Properti Di Indonesia. Artikel Properti.

Yuliati. 2004. Kemampuan Beban Pajak Tangguhan Dalam Memprediksi Manajemen Laba. Simposium Nasional Akuntansi.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v4i1.576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura