MENYIBAK TANGGAPAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA AKUNTAN PENDIDIK UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Robiatul Auliyah

Abstract


Penelitian ini mengangkat fenomena tentang berbagai macam etika akuntan pendidik di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi  Universitas Trunojoyo Madura (FE UTM), baik yang sesuai dengan Prinsip Etika Profesi ataupun tidak sesuai dengan prinsip etika profesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan mahasiswa akuntansi tentang pelaksanaan etika yang dilakukan oleh  akuntan pendidik dilingkungan FE UTM.
   Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi yang bertujuan untuk menggambarkan obyek yang akan diteliti sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Alat analisis penelitian yang digunakan adalah delapan prinsip etika profesi meliputi tanggungjawab profesi, kepentingan publik, integritas, obyektiitas, kompetensi dan kehati-hatian profesional, kerahasiaan, perilaku profesional, standar teknis.
   Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan responden, maka akuntan pendidik sudah melaksanakan tanggungjawab profesi, kepentingan publik, integritas, obyektifitas, kompetensi dan kehati-hatian profesional, kerahasiaan, perilaku profesional, standar teknis.

Keywords


Tanggapan, Mahasiswa, Etika, Akuntan Pendidik.

References


Bertens, Kees. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta : Kansius (Anggota IKAPI)

Creswell, J.W. 1998. Qualitatif Inquiry and Research Design. Sage Publications, Inc: California. http://kualitatif/166-metode-penelitian kualitaif diunduh tanggal 10 Desember 2010

Hamzah, Ardi. 2007. Pengaruh Sosiologi Kritis, Kreatifitas, dan Mentalitas Terhadap Pendidikan Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi X. Makasar.

Ikatan Akuntan Indonesia. 1998. Prinsip Etika Profesi.

Ita, Charunia. 2007. Studi Fenomenologi Terhadap Proses Penyusunan Anggaran di SKPD. Skripsi Universitas Trunojoyo Madura.

Jusuf, Amir Abadi. 2003. Auditing Pendekatan Terpadu. Jakarta : Salemba Empat

Mahmud, Amir. 2008. Tanggapan Mahasiswa Akuntansi Mengenai Etika Penyusunan Laporan Keuangan. Lembaran Ilmu Kependidikan. Jilid 37 No.2. hal 100-106

Meilisa, Fanita dan Unti Ludigdo. 2010. Tanggapan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Akuntan Pendidik Di Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Volume 1 No. 2. hal 53-68.

Misiak, Henryk dan Virginia S. Sexton. 2005. Psikologi Fenomenologi, Eksistensial dan Humanistik. Bandung: Refika Aditama.

Mulyadi. 2002. Auditing.Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat

Nurlan, Andi Besse. 2011. Tanggapan Akuntan Dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia. Skripsi Universitas Hasanuddin Makasar.

Rajoe, A., Paul, dkk. 2002. Modern Auditing. Jakarta : Erlangga

Republik Indonesia. 1990. Peraturan Pemerintah No.30 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Tinggi.

Sartika, Dewi. 2006. Tanggapan Dosen Akuntasi Dan Mahasiswa Akuntansi Terhadap Kode Etik Akuntan. Skripsi Universitas Bengkulu.

Sheerenity, Fransiska., L., V. 2008. Pengertian Etika Dan Jenis-jenis Etika. http://drveggielabandresearch.blogspot.com/2008/05/pengertian-etika-dan-jenis-jenis-etika diunduh tanggal 13 Oktober 2011

Simamora, Henry. 2002. Auditing. Yogyakarta : UPP AMP YKPN

Sopyan. 2011. Resume Etika Profesi. http://www.slideshare.net/hisma/resume-etika-profesi diunduh 13 Oktober 2011).

Sugiyarto, dkk. 2001. Auditing. Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v7i1.536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura