FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGUNJUNG DI KEBUN BINATANG SURABAYA

Mei Indrawati

Abstract


Tujuan pemasaran adalah memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan sasaran.  Kebutuhan dan keinginan manusia tidak hanya berupa barang saja, tetapi juga jasa (Payne, 2000). Oleh karena itu penting bagi seorang pemasar atau pelaku pariwisata untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kepuasan wisatawan di suatu daerah tujuan wisata. Tujuan penelitian ini adalah  untuk menganalisis pengaruh variabel pelayanan, harga, keanekaragaman binatang, keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman hiburan lain dan lingkungan, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kepuasan pengunjung di Kebun Binatang Surabaya dan untuk menganalisis variabel manakah diantara pelayanan, harga, keanekaragaman binatang, keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman hiburan lain dan lingkungan yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengunjung di Kebun Binatang Surabaya. Berdasarkan hasil analisis regresi, maka pengujian koefisien regresi dari seluruh variabel  bebas mempunyai probabilitas value (sig) lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa secara parsial variabel pelayanan, harga, keanekaragaman binatang, keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman hiburan lain dan lingkungan di Kebun Binatang Surabaya berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Kebun Binatang Surabaya. Variabel yang dominan pengaruhnya terhadap kepuasan pengunjung di Kebun Binatang Surabaya adalah variabel keanekaragaman binatang.  Probabilitas value (sig) uji F dalam penelitian ini  = 0,000 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah variabel pelayanan, harga, keanekaragaman binatang, keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman hiburan lain dan lingkungan di Kebun Binatang Surabaya baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Kebun Binatang Surabaya.

Keywords


pelayanan, harga, keanekaragaman binatang, keanekaragaman tumbuhan, keanekaragaman hiburan, lingkungan dan kepuasan

References


Bhattacharya, A. & Friedman, H.H. 2001. Using “Smart” Pricing to Increase Profits and Maximize Customer Satisfaction. National Public Accountant Vl. 46, 34 – 38.

Bolton, R.N. & Lemon, K.N. 1999. A Dynamic Model of Customers Usage of Services: Usage as an Antecedent and Consequences of Satisfaction. Journal of Marketing Research Vol. XXXVI, 171 - 186.

Bordas, E. 1994. Competitiveness of Tourist Destinations in Long Distance Markets. Tourist Review 3, 3 – 9.

Cravens, D.W. 1997. Strategic Marketing. The McGraw-Hill Companies, Inc., USA.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. & Miniard, P.W. 1992. Consumer Behavior. Sixth Edition. The Dryden Press. Chicago.

Heung, V.C.S. & Chu, R. 2000. Important Factors Affecting Hong Kong Consumer’s Choice of a Travel Agency for All-Inclusive package Tours. Journal of Travel Research Vol. 39, 52 – 59.

Kandampully, J. & Suhartanto, D. 2000. Customer Loyalty in The Hotel Industry : The Role of Customer Satisfaction and Image. International Journal of Contemporary Hospitality Management Vol. 12 No. 6, 346 – 351.

Keegan, W.J. 1999. Global Marketing Management. Sixth Edition. Prentice -Hall, Inc. New Jersey.

Kotler, P.2003. Marketing Management. Eleventh Edition. Pearson Education, Inc. New Jersey.

Kozak, M. & Rimmington, M. 2000. Tourist Satisfaction with Mallorca, Spain, as on Off-Season

LaBarbera, P.A. & Mazursky, D. 1983. A Longitudinal Assessment of Customer Satisfaction / Dissatisfaction : The Dynamic Aspect of The Cognitive Process. Journal of Marketing Research Vol. XX, 393 – 404.

Malhotra, N.K. 1996. Marketing Research : An Applied Orientation. Prentice-Hall International, Inc. New Jersey.

Payne, A. 2000. The Essence of Services Marketing – Pemasaran Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Singarimbun, M. & Effendi, S. 1987. Metode Penelitian Survai. LP3ES. Jakarta.

Suyitno. 2001. Perencanaan Wisata. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Yoeti, O.A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Penerbit Angkasa. Bandung.

_________ 2000. Customer Service Cara Efektif Memuaskan Pelanggan. Pradnya Paramita, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v7i1.534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura