KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU : IMPLEMENTASI UNTUK UMKM

Yustina Chrismardani

Abstract


Komunikasi pemasaran terpadu telah diadopsi baik di perusahaan besar maupun perusahaan kecil, termasuk di lingkungan usaha mikro kecil menengah (UMKM). UMKM dapat menggunakan program ini dengan menyesuaikan pada anggaran yang tersedia. Sebuah program sederhana dari komunikasi pemasaran terpadu yang dapat digunakan adalah memperkenalkan produk mereka kepada pelanggan dengan menggunakan brosur, banner (spanduk), diskon atau produk sample (gratis), dan pemasaran online, dapat digunakan sebagai alat promosi dengan anggaran yang rendah.  UMKM dapat melakukan komunikasi pemasaran terpadu, walaupun belum maksimal.  Kegiatan promosi yang dilakukan oleh UMKM masih terkendala oleh biaya,  kemampuan promosi yang sangat minim tersebut disebabkan oleh ketiadaan biaya sehingga hanya beberapa unsur dalam komunikasi pemasaran terpadu yang dapat diterapkan oleh UMKM, yaitu:  Iklan, publisitas, promosi penjualan, dan pemasaran langsung.

Keywords


Komunikasi pemasaran terpadu, anggaran, promosi, UMKM

References


Basri, Cik Hasan. 1998. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Penerbit: Logos. Bandung.

Gurau, Calin. 2008. Integrated Online Marketing Communication : Implementation and Management. Journal of Communication Management. Vol 12 No 2 pp 169-184

Hidayat, Rahmad. Utami, Issa Dyah dan Romadhani, Sari. 2011. Pengembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Industri Kecil Menengah (IKM). CoverAge : Journal of Strategic Communication. Vol. 1 No. 2. Hal. 2005-221.

Indra dan Lestari, S. 2009. Kajian Efektivitas Model Promosi Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM. Vol. 4. Hal. 116-139.

Kotler, P dan Amstrong, G. 2004. Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 2. Alih bahasa : Alexander Sindoro. Indeks. Jakarta.

Shimp, A. Terence. 2000. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 1. Alih bahasa : Revyani Sharial. Erlangga. Jakarta.

Shimp, A. Terence. 2000. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 2. Alih bahasa : Revyani Sharial. Erlangga. Jakarta.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nazir, Mohammad. 1999. Metode Penelitian. Penerbit: Galia Indonesia. Jakarta.

Salim, Agus. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Edisi Kedua. Penerbit: Tiara Wacana. Yogyakarta.

Surakhmad, Winanrno. 1985. Pengantar Penelitian Ilmiah: Dasar, Metode, dan Teknik. Penerbit: Tarsito. Bandung.

www.bisnisukm.com

www.kominfo.jatimprov.go.id

www.swa.co.id




DOI: https://doi.org/10.21107/nbs.v8i2.472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura