STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA DI KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Selamet Joko Utomo, Bondan Satriawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk sebagai upaya untuk merumuskan rencana strategis pengembangan desa wisata di Kecamatan Karangploso yang berbasis pada keunikan dan sektor unggulan lokal (pertanian, peternakan, jasa dll) serta melalui pendekatan partisipatif.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif. Pada tahap perumusan strategi pembentukan desa wisata di Desa Tawangargo dan Desa Donowarih Kecamatan Karangploso, peneliti menggunakan teknik analisis SWOT. Hasil analisis menunjukkan Kecamatan Karangploso memiliki potensi internal dan eksternal pariwisata yang dapat dikembangkan menjadi desa wisata. Strategi yang digunakan berupa klaster pengembangan desa wisata, lembaga desa wisata dan pengembangan desa wisata dengan tema Desa wisata berperspektif go green yang unik, khas dan sehat yang berbasis pada keunggulan hortikultura.


Keywords


Strategi; Desa Wisata; SWOT

Full Text:

PDF

References


Craig-Smith, Stephen dan French, Christine, (1994): Learning to Live with Tourism,Longman, Melbourne.

DinasKebudayaandanPariwisataKabupaten Malang. 2006. KonsepPengembanganDesaWisata. Malang.

Edward Inskeep, 2009. Tourism Planning An Integrated and Sustainable Development Approach,

French, Christine N, Craig-Smith, Stephen J., Collier, Alan, (1995): Principles of Tourism, Longman, Melbourne.

Gartner, William C., (1996): Tourism Development (Principles, Processes, and Policies), Van Nostrand Reinhold, New York.

Greene, William H., 2000. Econometric Analysis. New Jersey: Prentice-Hall.

Gunn, Clare A., (2002): Tourism Planning (Basisc, Concepts, Cases), Routledge, New York.

Gujarati, Damodar, 2003. EkonometrikaDasar. Jakarta: Erlangga.

Herbert, David T., (1995): Heritage Places, Leisure and Tourism, 1-20 dalam Herbert, David T., Heritage, Tourism, and Society, 228 p., Pinter, Great Britain.

Moleong, Lexy Johannes. 2002. MetodologiPenelitianKualitatif. PT. RemajaRosdakarya; Bandung.

Nuryanti, Wiendu. 1993. Concept, Perspective and Challenges, makalahbagiandariLaporanKonferensiInternasionalmengenaiPariwisataBudaya.GadjahMada University Press; Yogyakarta.

Seaton, A.V., (1996): The Marketing Concept in Tourism, 3-27 dalam Seaton, A.V. dan Bennett, M.M., Marketing Tourism Products, 540 p., International Thomson Business Press, London.

Strauss, Anselm da Juliet Corbin. 2003. Terjemahan. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif; Tata Langkah dan Teknik-teknik Teorisasi Data.Pustaka Pelajar; Yogyakarta.

UNDP dan WTO. 1981. Tourism Development Plan for Nusa Tenggara, Indonesia. World Tourism Organization press;Madrid.

UNDP, 1990.Human Development Report 1990. New York: Oxford University Press.

,Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentangKepariwisataan

, 1995.Human Development Report 1995. New York: Oxford University Press.

, 2004.Human Development Report 2004. New York

, 2007.Human Development Report 2007/2008. New York: Palgrave Macmillan.

_________,(2003): Studi Analisis Potensi Pasar Wisatawan Nusantara (Studi Kasus: Bali), LaporanAkhir, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta.

_________, Definition of Tourism, www.world-tourism.org, diunduhtanggal 17 Agustus 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nbs.v11i2.3381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Neo-Bis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura