APAKAH METODE KASUS EFEKTIF SEBAGAI ALAT PEMBELAJARAN PERPAJAKAN?

Emi Rahmawati, Adi Dermawan Ervanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih lanjut terkait dengan penerapan metode pembelajaran aktif berbasis kasus dalam mata kuliah perpajakan dan persepsi mahasiswa setelah mengadopsi strategi pembelajaran berbasis kasus pada mata kuliah perpajakan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif yang mengeksplorasi tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah perpajakan. Terdapat dua kelompok yang diamati yaitu kelompok pengendali (kontrol) dan kelompok yang diberi treatment. Pembelajaran berbasis kasus untuk mata kuliah perpajakan diterapkan pada mahasiswa akuntansi di program studi akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Madura semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode convenience sampling. Kuesioner digunakan untuk menyelidiki sikap/persepsi mahasiswa/i terhadap pengalaman belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis kasus pada mata kuliah perpajakan belum efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam proses belajar mengajar. Namun persepsi mahasiswa/i terhadap strategu pembelajaran berbasis kasus pada mata kuliah perpajakan menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa/i (di atas 84%) mempersepsikan bahwa strategi kasus memang meningkatkan pembelajaran dan tingkat penerimaan afektif dari kelas yang menerapkan metode kasus tinggi (diatas 73%).

Keywords


Perpajakan, Pembelajaran, Metode Kasus, Persepsi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Anisykurlillah, Indah. 2011. Peningkatan Pemahaman Mahasiswa terhadap Prosedur dan Bukti Audit dengan Strategi Peninjauan Kembali Ala Permainan “Holly-Wood Squares”. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Bonk, C.J. and Smith, G.S. 1998. Alternative Instructional Strategies for Creative and Critical Thinking in the Accounting Curriculum. Journal of Accounting Education 16 (2), 261–93.

Friedlan, J.M. 1995. The Effects of Different Teaching Approaches on Students’ Perceptions of the Skills Needed for Success in Accounting Courses and by Practising Accountants. Issues in Accounting Education, 10 (1), 47–63.

Junaidi. 2009. Pembelajaran Kooperatif pada Mata Kuliah Akuntansi Pengantar: Suatu Eksperimen Lapangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 11, No. 2, hal: 53-64.

Kiger, J. E., & Rose, A. M. (2004). Internal Control Evaluation of a Restaurant: A Teaching Case. Issues in Accounting Education, 19(2), 229–237.

Ku, T. D.; Shih, J.-L.; and Hung, S.-H. 2014. The Integration of Concept Mapping in a Dynamic Assessment Model for Teaching and Learning Accounting. Educational Technology & Society, 16 (1), 141–153.

Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 2010. Panduan Pelaksanaan Student Centered Learning.

Milne, M.J., & McConnell, P.J. 2001. Problem-based Learning: A Pedagogy for Using Case Material in Accounting Education. Accounting Education: An International Journal, 10 (1), 61–82.

Mutmainah, Siti. 2008. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat pada Mahasiswa terhadap Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol 11 No 3.

Nauli, Pigo. 2011. Perbandingan Metoda Pembelajaran Akuntansi Pengantar antara Metoda Konvensional dan Metoda Berbasis Matematika terhadap Prestasi dan Kepuasan Belajar. Simposium Nasional Akuntansi XIV Aceh.

Nauli, Pigo; Yuliansyah; Fajar, Dwiyana Nurul. 2013. Studi atas Penerapan Metoda Konvensional dan Metoda Berbasis Matematika dalam Pembelajaran Akuntansi Pengantar terhadap Pemahaman Siswa. Simposium Nasional Akuntansi XVI. Manado, 25-28 September.

Novita, Santi dan Hartadinata, Okta Sindhu. 2016. Pendidikan Perpajakan: Persepsi Akademisi, Praktisi, dan Mahasiswa untuk Jenjang Diploma dan Sarjana. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan – Volume 20, Nomor 2, hal. 151 – 171.

Purnamasari, Imas. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Make A Match Tournamen dalam Meningkatkan Kemampuan Soft Skill Mahasiswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Kuliah Manajemen Keuangan di Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Pendidikan Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi XVI Manado, 25-28 September.

Stewart, J.P., & Doughterty, T.W. 1993. Using Case Studies in Teaching Accounting: a Quasiexperimental Study. Accounting Education: An International Journal, 2(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/nbs.v11i2.3360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Neo-Bis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

Copyright @ 2015, Faculty of Economics, Trunojoyo University of Madura