FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SWALAYAN MIKRO DI KOTA SEMARANG

hendri hermawan adinugraha

Abstract


ABSTRACT: There is a big number of modern market in Indonesia. Based on the data, market share of Superindo, Hero, Griya and Micro Supermaarket have declined. Nevertheless, MICRO market share has declined the smallest and the lowest ranking. Based on this phenomenon, indicated there are problems which feasible to be analyzed. The object of this research is Micro Supermaarket Semarang. Many factors can influence purchasing decisions in Micro Supermarket Semarang, such as location, physical evidence, store atmosphere and the variety of merchandise. This study aims to analyze the influence of location, physical evidence, store atmosphere and the variety of merchandise on purchasing decision. The data population is consumers who make purchases at the Micro Supermarket Semarang and the samples taken 100 respondents. The type of data used primary data. Sampling technique used non-random type of purposive sampling. The methods of data collection using questionnaires and analysis techniques used multiple regression. The results show that location, physical evidence, store atmosphere and the variety of merchandise proved a positive and significant influence on purchasing decision.

Keywords


location, physical evidence, store atmosphere, the variety of merchandise, purchase decision

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amir, Faishol dan Prijati. 2015. “Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cosmic Clothing Store”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 4. No. 8. Hal. 1-18. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Antari, Kadek Ria Mariska, Ketut Dunia dan Luh Indrayani. 2014. ”Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Mini Market Sastra Mas Tabanan”. Jurnal Pendidikan Ganesha. Vol. 4. No. 1. Hal. 1-11. Singaraja. Bali.

Autami, Ni Luh Made Manasaputri Sri dan I Gusti Agung Ketut Gede Suasana. 2015. “Pengaruh Retail Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Gerai Chatime”. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4. No. 11. Hal. 3882 – 3908. Universitas Udayana. Denpasar. Bali. Indonesia.

Cahyani, Dian Nur, Saryadi dan Widiartanto. 2014. “Pengaruh Store Planning, Merchandising Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Buku Gramedia Pandanaran Semarang)”. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Hal. 1-11. UNDIP. Semarang.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Cetakan Keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Ginting, Nembah F. Hartimbul. 2012. Manajemen Pemasaran. Cetakan 2. Yrama Widya. Bandung.

Kantohe, Junitrianto dan Merlyn Karuntu. 2014. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Berbelanja Pada Fiesta Pasar Swalayan Manado”. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA). Vol. 2. No. 1. Hal. 66-77. Universias Sam Ratulangi. Manado.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong, 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta.

Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan II. Indeks. Jakarta.

Machmud, Amir. 2014. “Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Berbelanja Ke Robinson Supermarket Di Samarinda”. Journal Ilmu Adminstrasi Bisnis. Vol. 2. No. 3. Hal. 316 – 330. Universitas Mulawarman. Samarinda.

Nursanti, Tinjung Desy dan Herlina. 2012. “Analisis Pengaruh Suasana Toko, Variasi Merchandise, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris Gadget: Studi Kasus Gerai Wellcommshop Mal Citraland”. Jurnal Binus Business Review. Vol. 3. No. 1. Hal. 356-373. BINUS University. Jakarta.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Buku 4. Edisi 9. Salemba Empat. Jakarta.

Raf, Mulyadi. 2012. “Pengaruh Faktor-Faktor Memotivasi Konsumen Berbelanja Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja Di Pasar Modern Kota Jambi”. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Vol. 1. No. 1. Hal. 63-75. Universitas Jambi. Jambi.

Ratnasari, Ririn Tri dan Mastuti Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Ghalia Indonesia. Bogor.

Rumagit, Richard R. 2013. “Bauran Penjualan Eceran (Retailing Mix) Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Jumbo Swalayan Manado”. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (EMBA). Vol. 1. No. 4. Hal. 171-181. Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Cetakan Keempat. PT. Indeks. Jakarta.

Suryani, Tatik 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Susilo, Ade dan Renni Rengganis. 2013. “Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Produk Operator Seluler IM3 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Telkom University)”. Jurnal Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Hal. 1-11. Universitas Telkom. Bandung.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing. Yogyakarta.

Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Cetakan Keduabelas. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wahyuningsih, Tri Harsini dan Ralina Transistari. 2015. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Pada Wanita Pekerja”. Efektif : Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. 6. No. 1. Hal. 73 – 88. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta

Wakidah, Armin. 2015. “Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret ( Study Kasus Pada Konsumen Indomaret Jalan Kh. Ahmad Dahlan No.71 Cabang Kota Kediri )”. Artikel Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hal. 1-20. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Widowati, Maduretno dan Agus Budi Purwanto. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Visual Merchandising Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Mini Market Alfamart Di Kota Semarang)”. Jurnal Fokus Ekonomi. Vol. 9. No. 1. Hal. 65-80. STIE Pelita Nusan




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/mediatrend.v13i1.3290



Copyright (c) 2018 Media Trend

Creative Commons License

Mediatrend © 2015 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University