STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INTERAKTIF CIEWIE BATIK DALAM CUSTOMER ENGAGEMENT

Marsudi Marsudi

Abstract


ABSTRAK


Penelitian ini ingin menganalisis Strategi komunikasi pemasaran Interaktif Ciewie Batik dalam customer
engagement. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pemahaman tentang Strategi dan bentukbentuk

komunikasi pemasaran Interaktif Ciewie Batik dalam melaksanakan bisnisnya. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi melalui dokumentasi dan wawancara mendalam
Berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi, dapat disimpulkan bahwa Strategi komunikasi
pemasaran Interaktif  yang dipergunakan Ciewie Batik dalam melaksanakan rutinitas bisnisnya meliputi
: memaksimalkan serta mengintensifkan akun Instagram Ciewie Batik, mengintegrasikan proses
pelayanan pelanggan dengan aplikasi Android, mengintensifkan layanan keluhan dan pertanyaan
pelanggan yang express, aktif dalam Fanpage Facebook, dan senantiasa update di website Ciewie
Batik termasuk aktif merekrut web-reseller.
This research eagers to analyse Ciewie Batik Interactive Marketing Communication Strategy in customer
engagement. This research intends to show the meaningful of Ciewie Batik Interactive Marketing
Communication Strategy in Business dealing. Research runs the qualitative descriptive method using
documentation study and indepth interview. According to documentation study and indepth interview,
can be concluded that Ciewie Batik Interactive Marketing Communication Strategy in dealing Business
consist of : maximizing and intensified the Ciewie Batik Instagram Account, integrating the servicing
customer process with Android Application, intensified customer question and complaint expressly,
active in Facebook fanpage, dan keep on updating Ciewie Batik website including actively hire webreseller.
Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Social Information Processing Theory, Strategi   
 Komunikasi Interaktif, Customer Engagement, Ciewie Batik


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA :

Arifin, A. (1994). Strategi Komunikasi Sebuah

Pengantar Ringkas, Edisi Ketiga,

Bandung : CV. Armico.

Greenberg, P. (2004), CRM at the Speed of Light:

Essential Customer Strategies for the

st Century, Third Edition, Singapore :

McGraw-Hill.

Griffin, EM. (2004), A First Look At

Communication Theory, Fifth Edition,

Singapore : McGraw-Hill.

Kartikawangi, D. (2013), Tema Fantasi, Strategi

Komunikasi Bisnis Perusahaan Multinasional,

Cetakan Pertama, Jakarta: PT.

Gramedia

Pustaka Utama.

Littlejohn, S. W. dan Karen A. F. (2009). Teori

Komunikasi, Edisi Kesembilan, Jakarta:

Penerbit Salemba Humanika.

Pawito, (2007), Penelitian Komunikasi Kualitatif,

Edisi Kedua, Yogyakarta: PT. LKIS

Pelangi Aksara.

Riel, C.B.M. Van. (2000). Strategic Corporate

Communication, Amstendam : Samson

Bv.

Suyanto, M. (2007), Marketing Strategy Top Brand

Indonesia, Edisi Keempat, Yogyakarta :

Penerbit Andi

Tankard, J. W. S. dan Werner J. (2011). Teori

Komunikasi (Sejarah, Metode dan

Terapan di dalam Media Massa, Jakarta

: Kencana.

Wiryanto. (2004), Pengantar Ilmu Komunikasi,

Edisi Kedua, Jakarta : Grasindo

Sumber Lain

Lestari, S.C. (2017). Strategi Komunikasi Bisnis

Lintas Budaya dalam Ekspansi Bisnis

(Studi pada Radio Eljohn Indonesia).

Tesis, Program Studi Ilmu Komunikasi

FISIP: Universitas Abdurrab Pekanbaru.

Pertiwi, I. (2016). (http://www.google.co.id/amp/s/

id.techinasia.com/kravasia-berikanalternatif-belanja-batik-secara-online),

diakses

September 2017.

(2014).(http://www.blog.jakpat.net/hasilinfografis-survey-perilaku-belanjaonline),

diakses 30 Agustus

(2016) (http://www.id.techinasia.com) diakses

tanggal 5 Nopember 2017

(2016) (http://www.Bisnisupdate.com) diakses

tanggal 5 Nopember 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/ilkom.v12i1.3716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.