MODEL PERENCANAAN KOMUNIKASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT CHEVRON PACIFIC INDONESIA

Welly Wirman, Tantri Puspita Yazid, Nurjanah Nurjanah

Abstract


ABSTRAK


PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.
Agar dapat mempertahankan eksistensinya, PT CPI harus mampu beradaptasi dengan lingkungan
sekitar. Disinilah peranan Public Relations dibutuhkanuntuk mewujudkan tujuan perusahaan dengan
membangun hubungan yang timbal balik dan saling membutuhkan antara perusahaan dan masyarakat
sekitar. Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah melalui program Corporate Social Responsibility
(CSR).Indonesia, khususnya wilayah strategis Riau yang masuk dalam pasar bebas ASEAN dituntut
untuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas masyarakatnya dalam persaingan di pasar bebas.
Atas hal ini, program CSR dapat menjadi solusi. Merujuk pada kewajiban CSR Perseroan Terbatas
dalam UU No. 40 Tahun 2007, PT CPI memiliki program CSR-nya yang disebut Social Investment
dan berfokus padalima bidang, yaitu (1) kesehatan, (2) pendidikan dan pelatihan, (3) pengembangan
ekonomi, lingkungan dan keanekaragaman hayati, (4) kesenian, budaya dan infrastruktur olahraga dan
(5) bantuan dan rehabilitasi pasca bencana. Penelitian ini nantinya akan menggambarkan bagaimana
model perencanaan komunikasi program CSR PT CPI area Riau.


Kata Kunci: CSR, Public Relations, Model Perencanaan Komunikasi.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Bungin, Burhan.2010. Metodologi Penelitian

Kualitatif: Aktualisasi Metodologis

ke Arah Ragam Varian Kontemporer.

Jakarta : Raja Grafindo Persada

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi

Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, teori dan

filsafat komunikasi. Bandung: Citra

Aditya Baktis

Iriantara, Y. 2004, Manajemen Strategis Public

Relations, PT Ghalia Indonesia, Jakarta.

Kotler Philip & Lee, Nancy. 2005. Corporate

Social Responsibility: Doing the most

good for your company and your couse.

New Jersey: Jhon wiley inc.

Moleong, Lexy J.2012. Metodologi Penelitian

Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja

Rosda Karya.

Rahman, Reza. 2009. Corporate Social

Responsibility, Antara Teori dan

Kenyataan. Yogyakarta: Medpress.

Rusdianto, Ujang.2014.Cyber CSR : A Guide to

CSR Communications on Cyber Media.

Yogyakarta : Graha Ilmu.

Ruslan, Rosady.2010.Metode Penelitian Public

Relations dan Komunikasi.Jakarta :

Rajawali Pers

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian kuantitatif,

Kualitatif, dan R & D. Bandung:

Alfabeta.

_________. 2009. Metode Penelitian Bisnis

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: Alfabeta.

Wasesa, Silih Agung & Macnamara, Jim.2010.

Strategi Public Relations. Jakarta :

Gramedia Pustaka Utama.

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep dan

Aplikasi Corporate Social Responsibility.

Gresik: Franscho Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/ilkom.v11i2.3401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.