DESTINATION BRANDING KABUPATEN CIAMIS OLEH DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA BARAT (DESTINATION BRANDING CIAMIS REGENCY BY DEPARTMENT OF TOURISM AND CULTURE OF WEST JAVA)

Cindy Lidya, Susie Perbawasari, Hanny Hafiar

Abstract


ABSTRAK


Sejak berpisahnya Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Pangandaran, membuat daerah Ciamis
kehilangan objek-objek destinasi wisata unggulan. Hal ini membuat Kabupaten Ciamis krisis destinasi
wisata yang banyak orang kenal. Untuk itu, pemerintah provinsi Jawa Barat yang bergerak di bidang
pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, melakukan destination branding
yang bertujuan untuk memperkenalkan tempat-tempat wisata yang dimiliki Kabupaten Ciamis saat ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kelima tahap destination branding yaitu
market investigation, analysis and strategic recommendations, brand identity development, brand
launch and introduction, brand implementation dan monitoring, evaluation and review yang dilakukan
oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat dalam memperkenalkan destinasi wisata
di Kabupaten Ciamis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif jenis data kualitatif
dengan paradigma positivisme. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara
mendalam, observasi studi pustaka dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memperkenalkan destinasi wisata di Kabupaten
Ciamis, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melakukan market investigation,
analysis and strategic recommendations dengan mengumpulkan data potensi pariwisata Ciamis
melalui tiga sumber yaitu bank data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, bank data
Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Ciamis serta internet. Adapun brand identity yang
digunakan selama aktivitas branding ialah logo West Java. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi
Jawa Barat menggunakan tiga cara dalam brand launch and introduction, yaitu dengan special event
West Java Familiarization Tour Ciamis, artikel yang dibuat oleh jurnalis serta paket wisata. Pada
tahap implementasi, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menjalin komunikasi
dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Ciamis dan terakhir Dinas Pariwisata dan
Kebudayaan Provinsi Jawa Barat memantau artikel tentang Ciamis dan paket wisata tujuan Ciamis
melalui internet serta menjadikan data kunjungan wisatawan Kabupaten Ciamis sebagai alat evaluasi
aktivitas branding ini.
Kata kunci: destination branding, branding, pariwisata, Ciamis, Jawa Barat


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Phillip. et al. 2002. Marketing Asian

Places. Singapore: Johyn Wiley & Sons

Morgan, N., Annette Pritchard dan Roger Pride.

Destination Branding Creating

The Unique Destination Proposition

Second Edition. Elsevier ButterworthHeinemann,

London

Sugiyono. 2014. METODE PENELITIAN

KUANTITATIF, KUALITATIF DAN

R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran Edisi

Pertama. Yogyakarta: Andi Ofset

Wasesa, Silih Agung dan Jim Macnamara. 2010.

Strategi Public Relations. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama

Sumber Lainnya:

Amaliah, Rafika. 2013. Destination Branding

Wisata Belanja Kabupaten

Sidoarjo. Jurnal. Diakses pada ‎ ‎27‎ Juli ‎2016 pukul

28 WIB

Illiachenko, Elena Y. 2005. Exploring Culture,

History and Nature as Tourist Destination

Branding Constructs: The Case of a

Peripheral Region in Sweden. Diakses

pada 1 Agustus 2016 pukul 14.10 WIB

Rungo, Lars. 2011. Destination Branding, A

Comparative Analysis Of London’s and

Liverpool’s Visitor Guides For 2011

Master thesis. Cand. ling. merc. English

Situmorang, Syafrizal. 2008. Wahana Hijau Jurnal

Perencanaan & Pengembangan

Wilayah ISSN 1858-4004 Volume 4, Nomor 2,

Desember 2008. Diakses pada 30‎August

‎2016 pukul ‏‎13.13 WIB

http://klikkabar.com/2015/12/07/20416/ Diakses

pada tanggal 1 September 2016 pukul

15 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.21107/ilkom.v11i2.3400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.