UJI AKTIVITAS EKSTRAK TERIPANG PASIR YANG TELAH DIFORMULASIKAN TERHADAP KEMAMPUAN SEX REVERSAL DAN KELANGSUNGAN HIDUP UDANG GALAH (Macrobrachium rosembergii)

Haryo Triajie

Abstract


Teripang atau Timun laut (Echinodermata) adalah salah satu jenis komoditi laut yang bernilai domestik maupun internasional sub sektor perikanan yang cukup potensial. Salah satu zat bioaktif yang terkandung dalam teripang adalah senyawa steroid. Penelitian ini bertujuan menentukan tingkat efektivitas ekstrak kasar daging teripang yang telah diformulasikan dalam air media pemeliharaan juvenile udang galah terhadap keberhasilan mendapatkan jantan fenotif. Hipotesa yang dipakai pada penelitian ini adalah bahwa masa aktif pemberian ekstrak kasar daging teripang hasil formulasi yang diberikan dalam air media, efektif dapat berpengaruh dalam perkembangan juvenil menjadi jantan fenotif. Metode perendaman dengan dosis ekstrak teripang 10 mg/L, 15 mg/L dan 25 mg/L, dapat menghasilkan populasi jantan lebih tinggi dari kontrol (kontrol negatif/tanpa perlakuan hormon).

 

Kata Kunci : teripang, steroid, jantan fenotif


References


Hunter GA, Donaldson EM. 1983. Hormonal sex control and its application to fish culture. Di dalam : Hoar WS, Randall DJ, Donaldson EM, editor. Fish Physi:llogy. Vol. IX B. New York: Academic Press. p. 223 - 291.

Kustiariyah. 2006. Isolasi dan Uji Aktivitas Biologis Senyawa Steroid dari Teripang sebagai Aprosidiaka Alami. Thesis. Sekolah Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Malecha SR, Nevin PA, Phyllis Ha, Barck LE, Lamadrid-Rose Y, Masuno S, Hedgecock D. 1992. Sex-ration and sex-determination in progeny from crosses of surgically sex-reversed freshwater prawn, Macrobrachium rosembergii. Aquaculture 105 : 201 - 218.

Riani E, Syamsu K, Kaseno, Nurjanah S, Kurnia. 2005. Pemanfaatan Steroid Teripang Sebagai Aprosidiaka Alami. Laporan Hibah Penelitian Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor.

Yamazaki F. 1983. Sex contro1 and manipulation in fish. Aquaculture 33 : 329 -354.

Zairin MJr. 2004. Sex reversal memproduksi benih ikan jantan dan betina. Penebar Swadaya. Jakarta. 9




DOI: https://doi.org/10.21107/jk.v3i1.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







 INDEXED BY: