Usulan Perbaikan Sistem Perawatan Mesin dengan Pendekatan Computerized Maintenance Management System (CMMS) di PT. NTP

Amal Witonohadi, Ivest Timothy

Abstract


PT. NTP adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri turbin, sistem propulsi dirgantara, pembuatan rotating equipment di Indonesia, dan juga merupakan perusahaan pertama sebagai pusat perawatan dan perbaikan gas turbin di Indonesia. Jam penggunaan mesin yang lama yang dipengaruhi oleh meningkatnya jumlah permintaan dari konsumen akan berdampak pada performa/kondisi mesin yang akan semakin menurun bila tidak dilakukan perawatan secara berkala baik secara preventive maupun corrective. Penelitian dilakukan pada divisi Machining Shop yang beroperasi selama 8,5 jam untuk hari kerja Senin-Kamis dan 7,5 jam untuk hari kerja Jumat. Dihasilkan perhitungan Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan mesin kritis untuk mengidentifikasi nilai efektivitas mesin dan mengetahui tingkat keandalan (reliability) suatu mesin. Yang termasuk kedalam mesin kritis dalam penelitian ini adalah mesin MS-019 CNC Lathe, MS-011A Universal Milling, MS-010B Surface Grinding, MS-008 Cylindrical Grinding, dan MS-009 Cylindrical Grinding. Dalam penelitian ini dibangun sebuah bangunan sistem perawatan terintegrasi dalam pendekatan konsep Computerized Maintenance Management System (CMMS).

Keywords


corrective maintenance; CMMS; preventive maintenance; OEE

References


Assauri, Sofjan. (2008). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi.Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.Jakarta.

Bagadia, Kris. (2006). Compterized Maintenance Management System Made Easy. McGraw-Hill.

Camphell John, Jardine AK, McGlynn Joel (2011), Asset Maintenance Excellence Optimation Equipment Cycle Decision, 2nd , Taylor and Francis Group Ebook PDF.

Corder, Anthony S. (1996). Teknik Manajemen Pemeliharaan. Erlangga. Jakarta.

Davis, Roy. (1994). Productivity Improvement through TPM. Pretice Hall,Inc. United State of Amereica.

Ebeling, Charles E. (1997). An Introduction to Reliability and Maintainability Engineering. The McGraw-Hill Companies, Inc. New York.

Suzuki, Tokutaro. (1994). TPM In Process Industries. Japan Institute of Plant Maintenance.

Jardine, A. K. S. (1973). Maintenance, Replacement, and Reliability. Pitman Publishing. London.

Mather, Daryl. (2003). CMMS A Time Saving Implementation Process. CRC Press

Nakajima,Seiichi. (1988). Introduction to TPM. Productivity Press. Cambridge.

Walpole, Ronald E. (1982). Pengantar Statistika. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.


Refbacks