Model Development for Bundle Pricing In Dual Channel Supply Chain

Nur Layi Rachmawati

Abstract


Bundling merupakan salah satu strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan cara menjual dua produk atau lebih dalam satu paket pada tingkat harga tertentu. Disisi lain, beberapa kegiatan bisnis dilakukan dalam bentuk online, termasuk aktivitas jual beli. Beberapa diantaranya telah menyediakan fasilitas online channel tanpa menghilangkan conventional store. Fenomena tersebut sering disebut dengan Dual Channel Supply Chain (DCSC). Pada permasalahan ini akan dibahas mengenai bundling strategy di DCSC untuk produk komplementer. Jumlah produk yang dibundle ada dua. Pada penelitian ini akan dibandingkan dua skenario, nobundling dan mixed bundling strategy di DCSC dengan menggunakan Nash game. Variabel keputusan yang dicari adalah harga optimum untuk masing-masing produk di masing-masing channel untuk mendapatkan profit yang maksimal baik di masing-masing channel maupun supply chain secara keseluruhan. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi fungsi demand yang selanjutnya akan dipakai sebagai penyusun fungsi tujuan maksimasi profit. Hasil dari percobaan numerik menunjukkan bahwa mixed bundling strategy memberikan nilai profit yang lebih besar dibandingkan dengan unbundling strategy.

Keywords


Dual Channel Supply Chain; Mixed Bundling; Nash Game; Produk Komplementer

Refbacks

  • There are currently no refbacks.