Pemodelan Risiko Pendapatan Proyek Infrastruktur Jalan Tol dengan Pendekatan Fault Tree Analysis

Trisita Novianti

Abstract


Risiko proyek infrastruktur dengan pendekatan Kerjasama Pemerintah Swasta relatif besar, karena memiliki masa konsesi dan dipengaruhi oleh faktor makroekonomi. Untuk itu penilaian faktor risiko perlu mendapat perhatian khusus. Risiko yang diteliti di penelitian ini adalah risiko pendapatan pada saat prakonstruksi. Pemodelan risiko pendapatan ini sebagai bahan untuk negosiasi, yang selanjutnya dapat digunakan sebagai model dasar untuk perhitungan dan pertimbangan alokasi, serta mitigasi risiko pada proyek infrastruktur jalan tol. Penelitian ini menggunakan alat bantu berupa metode Delphi yang berfungsi sebagai media untuk diskusi para pakar yang tidak langsung (vitual discussion), fault tree analysis yang berfungsi sebagai pemetaan intuisi para pakar dan digunakan untuk pemodelan konseptual yang dibangun dari kejadian-kejadian penyebab risiko. Hasil top level event tervalidasi di model fault tree analysis yang didapat di penelitian ini adalah: kerugian pendapatan yang disebabkan oleh risiko tarif (event dengan kode A); kerugian pendapatan yang diakibatkan oleh risiko volume lalu lintas/volume lalu lintas sepi (event dengan kode B); kerugian pendapatan yang disebabkan oleh adanya force majeure (event dengan kode C; dan kerugian pendapatan yang disebabkan oleh kejadian-kejadian non-revenue (event dengan kode D).

Keywords


infrastruktur; risiko pendapatan; fault tree analysis

References


__________________. (1999). Public Private Partnership: A Guide for Local Government.

Ministry of Municipal Affairs. British Columbia

__________________. (2000). Developing Best Practice for Promoting Private Sector

Investment in Infrastructure: Roads. Asian Development Bank. Manila

__________________. (2000). Introduction to Public Private Partnership: Public Private

Partnership Guidance Note 1. Department of The Environment and Local Government.Ireland

__________________. (2005). Developing Best Practices for Promoting Private Sector Investment in Infrastructure Roads. Asian Development Bank. Manila

Clemens, P.L. (1993). Fault Tree Analysis. 4th Edition. www.fault-tree.net

Notosoegondo, H. (2005). Toll Road Investment Opportunities in Indonesia. Direktorat Jenderal Infrastruktur Regional. Departemen Pekerjaan Umum.

Pierce, D. (2005). Civil Infrastructure Renewal: The P3 Solution. Toronto. Canada

Rowe, Gene, Wright, George. (1999). The Delphi Technique as a Forecasting Toll: Issues and Analysis. International Journal of Forecasting. United Kingdom. Vol 15, 353-375.

http://www.elsevier.com/locate/ijforecast


Refbacks

  • There are currently no refbacks.