Evaluasi Beban Kerja Operator Mesin pada Departemen Log and Veeeneer Preparation di PT. XYZ

Amalia Faikhotul Hima, Mahrus Khoirul Umami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi beban kerja yang dialami oleh operator mesin pada Departemen Log and Veeneer Preparation di PT. XYZ. Subjek penelitian adalah seluruh operator mesin, yaitu 10 orang laki-laki. Beban kerja yang diukur adalah beban kerja fisik dan mental. Beban kerja fisik diukur beradasarkan cardiovascular load (CVL). Beban kerja mental diukur dengan menggunakan metode NASA-Task Load Index (NASA-TLX). Berdasarkan hasil analisis CVL, operator yang menerima beban kerja fisik terberat adalah operator mesin rotary dengan prosentase CVL sebesar 29,39%. Sedangkan dari hasil analisis NASA-TLX, operator yang menerima beban kerja mental terberat adalah operator mesin slicer1 dengan indeks WWL sebesar 81,33. Kedua metode pengukuran beban kerja, yaitu CVL dan NASA-TLX mendapatkan hasil analisis yang berbeda karena elemen kerja kerja yang diterima operator berbeda.

Keywords


beban kerja; cardiovascular load; NASA-TLX

References


Gomer, J. A. dan Pagano, C. C., (2011). NASA Task Load Index for Human-Robot Interaction Workload Measurement, International Test and Evaluation Association Journal, Vol. 32, Hlm. 210-214.

Hart, S. G., Staveland, L. E., (1988). Development of NASA-TLX (Task Load Index): Results of Empirical and Theoretical Researc, dalam Hancock, P. A. dan Meshkati, N. (Editors.), Human Mental Workload, (Hlm. 139–183). Amsterdam: North-Holland.

Tarwaka, Bakri, S. H. A., dan Sudiajeng, L., (2004). Ergonomi Untuk Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Produktivitas, Surakarta: UNIBA Press.

Tayyari F, dan Smith, J. L., (1997). Occupational Ergonomics: Prinsiples and Applications. London: Chapman & Hall

Tirtayasa, K., Adiputra, I N., dan Djestawana, I G. G. (2003). The Change of Working Posture in Manggur Decrease Cardiovascular Load and Musculoskeletal Complaints among Balinese Gamelan Craftsmen, Journal of Human Ergology, Vol.32, Hlm. 71-76.

Widodo, S. (2008). Penentuan Lama Waktu Istirahat Berdasarkan Beban Kerja dengan Menggunakan Pendekatan Fisiologis (Studi Kasus pada Pabrik Minyak Kayu Putih Krai, Jawa Tengah), Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta


Refbacks