Peningkatan Kenyamanan Staf Rumah Sakit melalui Studi Desain Tata Letak Dapur yang Ergonomis

Eko Nurmianto, Naning Aranti Wessiani, Belinda Aprilia, Lukki Lukitawati, Bayu Siswanto

Sari


Rumah sakit memiliki kewajiban menjaga kebersihan, kesehatan, dan ketepatan waktu dalam penyajian makanan bagi pasien. Rumah sakit harus memiliki dapur yang ergonomis sehingga terpenuhinya terwujudnya layanan kepada pasien yang memuaskan. Adapun permasalahan yang sering ditemukan umumnya berkaitan dengan tata letak atau disain dapur yang tidak ergonomis. Tata letak dapur yang ergonomis berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan studi mengenai desain tata letak dapur yang ergonomis. Dari studi itu dihasilkan simpulan antara lain: area yang dianalisis terdapat tiga area, pertama: persiapan, masak, dan pencucian; kedua: pemorsian dan pembungkusan; dan ketiga: pengelompokan dan pengkodean. Area pertama dan kedua perlu dilakukan desain ulang sedangkan ketiga tidak. Selain itu, studi ini menghasilkan simpulan bahwa tidak perlu adanya perubahan pada aspek teknis dan nonteknis yang meliputi denah dapur rumah sakit, tipikal bahan makanan, tipikal peralatan dapur, preferensi pola perancangan penyediaan makanan, preferensi pola belanja, dan preferensi pola aktivitas penyediaan makanan. Namun, aspek ergonomis yang perlu diubah adalah antropometri dan pencahayaan.

Kata Kunci


antropometri; desain; ergonomis; tata letak dapur

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akmal,Imelda (2005). DAPUR - Seni Menata Rumah, Gramedia - Jakarta.

Akmal, Imelda (2008). New INDONESIAN Kitchen Design Inspiration. Gramedia Jakarta.

ASP, Sunaryo (2006). Ruang Dapur. Kanisius-Yogyakarta.

Baroto, Tavip., Nurmianto, Eko., Ellya, Zulaikha (2009). Design Study Of Kitchen For Small Dwelling Family With Ergonomic And Interaction Concept. 3rd International Conference On Operations And Supply Chain Management, Penang, Malaysia, 9 - 11 December 2009.

Kriswanto (2005). Desain Kitchen Set Untuk Dapur Rumah Tipe 36 Perumahan Surabaya Sidoarjo Studi Kasus Dapur Ukuran 2,25m2 - 5m2”, Tugas Akhir Jurusan Desain Produk Industri, FTSP – ITS Surabaya.

Love, Gilly (2005). Membuat Dapur Idaman, Gramedia - Jakarta.

Nurmianto, Eko (2004). Ergonomi: konsep dasar & aplikasinya. Edisi Kedua. Penerbit Guna Widya. Jakarta

Nurmianto, Eko, Baroto Tavip, Taufik Hidayat (2009) Desain Dapur Umum Pasca Bencana Dengan Konsep Mobile Dan Portable Untuk Daerah Bencana Di Indonesia. Penelitian Strategi Nasional. Sesuai Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Nomor : 0172.0/023-04.2/XV/2009 tanggal 31 Desember 2008, Revisi I tanggal 21 April 2009 Sesuai Surat Perjanjian Penelitian Nomor : 10473/I2.7/PM/2009 tanggal 1 April 2009


Refbacks



Copyright © 2013 Teknik Industri . Kampus Universitas Trunojoyo Madura.