Peran Akuntan Pendidik dalam Meningkatkan Profesionalisme Calon Akuntan

Aristha Purwanthari Sawitri, - Fauziyah

Abstract


Persaingan  sumber daya manusia saat ini semakin ketat khususnya di negera Asia Tenggara (ASEAN) hal ini didukung pula dengan ditandatanganinya kesepakatan antar negara-negara ASEAN mengenai persaingan bebas yang disebut ASEAN Economic Community (AEC). Perguruan tinggi merupakan kunci utama dalam mencetak generasi bangsa khususnya calon akuntan karena calon akuntan mempunyai peran yang besar dalam perkembangan perekonomian di suatu negara serta peran akuntan pendidik diperlukan untuk mencetak calon akuntan yang berkualitas dan profesional. Peran akuntan dalam penelitian ini yaitu komitmen dan kompetensi akuntan pendidik untuk menciptakan profesionalisme calon akuntan. Definisi seseorang yang professional antara setiap individu berbeda-beda. Dimana untuk menjadi seseorang yang professional harus menguasai bidang pengetahuan (knowledge), ketrampilan (skill), dan karakteristik (Ethics). Sampel penelitian ini adalah perguruan tinggi swasta di Surabaya. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa variabel komitmen dan kompetensi secara bersama-sama berpengaruh terhadap profesionalisme calon akuntan, serta ditemukan bahwa hanya variabel komitmen berpengaruh positif secara signnifikan terhadap profesionalisme, sedangkan 33,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.


Keywords


Profesionalisme, Komitmen, Kompetensi

Full Text:

PDF

References


Andriani, Chichi. 2015. Mahasiswa dan Perguruan Tinggi Dalam Era ASEAN Economic.Community 2015. SNEMA Padang

Herawaty dan Susanto. 2009. “Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan Mendeteksi Kekeliruan, dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan”. Vol. 11, no. 1, mei 2009: 13-20

Isnaini, dkk. 2015. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKI PUNS. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi Vol 1 No. 2. Universitas Sebelas Maret

Long, C.S., Ibrahim, Z., & Kowang, T.O. (2013). An Analysis on the Relationship between Lectures Competencies and Student Satisfaction. International Educations Studies, 7 (1), 37 - 46

Martadi, Indiana Farid dan Sri Suranta. 2006. Persepsi Akuntan, Mahasiswa Akuntansi, dan Karyawan Bagian Akuntansi Dipandang Dari Segi Gender Terhadap Etika Bisnis dan Profesi (S tudi Wilayah Surakarta), Simposium Nasional Akuntansi IX Padang.

Mardjono, Eny Susilowati dan Badingatus. 2014. Profesionalisme Akuntan Pendidik : Perspektif atau Triger Kualitas Lulusan Akuntansi Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Akuntansi dan Auditing. Volume 11 No.1 November. Hal : 103 - 109

Permanasari, Rina dan Siti. 2014. Model Hubungan Kompetensi, Profesional dan Kinerja Dosen. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan. Vol.2 No.1 September. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Tiyanto, Prihatin. 2010. Kompetensi Dosen Hubungannya Dengan Praktek Organisasi Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah. AKSES Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol 5 No. 9 April

Tranggono dan Andi. 2008. Pengaruh Komitmen Organisasional dan Profesional Terhadap Kepuasan Kerj Auditor Dengan Motivasi Sebagai Variabel Interverning. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Maret Vol. 15 No. 2 Hal 80-90

Triani, dkk. 2015. Kesiapan Profesi Akuntan di Indonesia Dalam Menghadapi MEA. Syariah Paper Accounting FEB UMS.

Walgito, Bimo, 2004. Pengantar Psikologi Umum. Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i2.3963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Aristha Purwanthari Sawitri, - Fauziyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)