Analisis Karakteristik Dosen yang Berpengaruh Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa pada Perguruan Tinggi Swasta di Kota Surabaya

Widhayani Puri Setioningtyas, Sutama Wishnu Widyatmika

Abstract


Perkuliahan merupakan suatu jenjang pendidikan terakhir yang diharapkan dapat mampu mengajarkan pengetahuan dan kemampuan yang baru sekaligus memberikan stimulus bagi mahasiswa untuk merefleksikan ilmu yg telah didapat pada dunia kerja nyata. Sebagai pengampu mata kuliah, dosen memiliki peran besar untuk keberhasilan meraih capaian pembelajaran tersebut. Selanjutnya terdapat 4 karakteristik dosen yakni Koleris Kuat, Melankolis Sempurna, Sanguinis Popular, dan Phlegmatis damai yang disinyalir memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa pada beberapa perguruan tinggi di kota Surabaya dengan teknik purposive sampling.Uji coba penelitian menggunakan uji regresi linier multiple dengan software SPSS 20 untuk mengetahui adanya pengaruh dari keempat variabel karakteristik dosen terhadap variabel motivasi belajar mahasiswa.


Keywords


Karakteristik Dosen; Motivasi Belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, Zainal. 1991. Evaluasi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdikbud. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Helmlinger, W. (1997). Motivation. Retrieved on December 15 from http://www.cratus.com /resources/willAug97. html.

Littauer, Florence. 2008. Personality Plus : Bagaimana Memahami Orang Lain dengan Memahami Diri Anda Sendiri. Jakarta: Binarupa Aksara.

Merriam-Webster (1997). Merriam-Webster’s Dictionary, Houghton-Mifflin.

Palmer, D. (2007). What Is the Best Way to Motivate Students in Science?. Teaching Science-The Journal of the Australian Science Teachers Association, 53(1), 38-42.

Suwatno dan Priansa. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Yuniawan, A., Saputra V. D. Analisis Kepribadian Dosen yang Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar. 2011. eprints.undip.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis