Analisis Risiko Operasional PT. “XYZ”

Rien Sofia Devi, Iwan Vanany

Abstract


Mengelola risiko dalam industri kelistrikan adalah hal yang penting karena dapat mempengaruhi kinerja dan bisnis perusahaan. Upaya merencanakan mitigasi risiko untuk setiap risk event yang ada menjadihal yang perlu dilakukan perusahaan kelistrikan. Untuk mengidentifikasi risk event atas proses bisnis perusahaan, dilakukan melalui survei kepada pihak terkait. Kemudian dilakukan pembobotan atas proses bisnis yang terpilih dengan menggunakan metode AHP dengan bantuan aplikasi perangkat lunak Expert Choice. Bobot terbesar atas proses bisnis tersebut (1) pengelolaan settlement, (2) pengelolaan SDM, (3) pengelolaan pemasaran. Setelah diperoleh pembobotan dan nilai S, O dan D masing-masing risk event, maka dilakukan perhitungan Risk Priority Number (RPN) dan memprioritas risk event dengan menggunakan metode Pareto. Risk event yang paling berisiko antara lain (1) pelaksanaan pekerjaan emergency tanpa kontrak dan (2) Pemenuhan SDM tidak sesuai dengan kontrak. Selanjutnya dilakukan analisis sebab akibat dengan metode Fishbone Diagram. Dari analisis sebab akibat tersebut di peroleh bahwa faktor yang menyebabkan kemungkinan risk event terjadi. Setelah mengetahui penyebab dari risk event tersebut maka ditentukan mitigasinya. 


Keywords


AHP; Risk Event; Pareto; Fishbone Diagram

References


Cachon,G., & Terwiesch, C. (2013), Matching supply with demand: An introduction to operation management (3rd.ed), Mc Graw Hill

Froot, K.A., Scharfstein, D.S., & Stein J.C. (1994), A framework for risk management, Harvard Business Review, 72, 91-102

Giannakis, Mihalis dan Papadopoulos T. (2015), Supply chain sustainability: A risk management approach, International Journal Production Economics.

ISO (2009), ISO Guide 73:2009 : Risk Management Vocabulary

Leitch, Roger D., (1995) Realibility Analysis for Engineers: An introduction, Oxford Science

Saaty, T.L (2000), Decision Making with Dependence and Feedback: The Analytical Network Process, 2nd Edition, RWS Publication, Pittsburgh.

Sritomo, W.(2003), Pengantar Teknik & Manajemen Industri, Widya Guna, Surabaya

Sugiyono (2003), Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung

Tunggal, A.W. (2009), Supply Chain Management, Harvarindo, Jakarta

Vose, David (2008), Risk Analysis: A quantitative guide, John Wiley & Sons Ltd, England

Zhao, Lima dan Huchzermeier, Arnd (2015), Operation-Finnance interface model: A literature review & framework, European Journal of Operational Research.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v4i1.3222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Rien Sofia Devi, Iwan Vanany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)