Penentuan Lokasi Gudang Penyangga Regional PT. “X” Wilayah Jawa Timur

- Septiandre, Nurhadi Siswanto

Abstract


PT. “X” merupakan perusahaan pupuk terlengkap di Asia tenggara. Untuk memperlancar sarana pendistribusian pupuk dari pabrik ke petani, PT. “X” telah membangun jaringan pemasaran yang kuat. Untuk mencapai tingkat efisiensi yang tinggi, diperlukan sistem distribusi yang baik. Gudang penyangga merupakan salah satu cara untuk menekan biaya transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan letak gudang penyangga dan kapasitas dari masing-masing gudang penyangga tersebut di Jawa Timur serta memberikan rekomendasi untuk menekan biaya yang dikeluarkan oleh Perusahaan dengan menggunakan metode P-Median. Hasil yang didapat adalah biaya optimum dari model matematis pada penelitian ini sebesar Rp 216.046.540.140,-  selama satu tahun dengan total suplai sebesar  3.565.398 ton yang diperoleh dari 24 gudang penyangga. Sehingga biaya distribusinya menjadi Rp 61.000/ton. Jika dibandingkan dengan biaya distribusi saat ini, terjadi penurunan sebesar 67% untuk tiap ton nya.


Keywords


Distribusi; Pupuk; Gudang Penyangga; P-Median

Full Text:

PDF

References


Alp, O., Erkut, E. & Drezner, Z. (2003). An Efficient Genetic Algorithm for the p-Median Problem. Annals of Operations Research 122,pp. 21-42.

Ballou, R. H. 2004. Business Logistics Management. 5 ed.: Prectice Hall.

Berg, J. P. V. D. (1999). Models for Warehouse Management : Classification and Examples.International Journal of Production Economics59, pp. 519-528.

Daskin, M. S. 1995. Network and Discrete Location; Models, Algorithms, and Applications, New Jersey - USA, Murray Hill.

Otto, A., S., F. J. & S., R. eds. (2009). Direct Store Delivery : Concept, Application and Instrument, Heidelberg - Germany: Springers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis