Peramalan dan Optimasi Produksi pada Produksi Emas di PT. “X” menggunakan Metode Mixed Integer Programming

Zulfikar Cahya Gumilang, Nurhadi Siswanto

Abstract


PT. “X” adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang perhiasan emas. Produk yang dihasilkan berupa perhiasan kalung, gelang, cincin, liontin, anting, emas batangan dan koin baik berupa jenis polos maupun variasinya. Kontribusi keuntungan paling besar yang di dapat oleh PT. “X” berasal dari jenis kalung. Digunakan metode peramalan dengan memperhatikan tren data permintaan produk dari perusahaan ini yang kemudian hasil dari peramalan tersebut digunakan sebagai acuan untuk melakukan permodelan Mixed Integer Programming. Proses pemodelan tersebut dilakukan untuk melakukan optimasi dari segi perencanaan produksi dengan memperhatikan aspek aspek seperti permintaan kalung polos yang sudah ada, bahan baku emas dan juga kapasitas mesin. Hasil optimasi untuk periode Januari–Maret 2017 diketahui keuntungan yang didapat dari 8 model kalung polos tersebut adalah 44.091 Kg. Hasil analisis kepekaan menunjukkan Perubahan permintaan berdamapak rata-rata 1.62 % pada keuntungan perusahaan untuk setiap perubahaan 1 %. Penambahan bahan baku sebanyak 5 % memberikan keuntungan yang sama dengan penambahan bahan baku 10 % yaitu      0.18 %. Pengurangan kapasitas mesin sebesar 2.5 % dan penambahan kapasitas 5 % tidak memberikan perubahan terhadap keuntungan perusahaan.


Keywords


Perhiasan Emas; Optimasi; Forecasting; Mixed Integer Programming

Full Text:

PDF

References


Chase, R. B., Jacobs, F. R., & Aquilano, N. J. (2006). Operations Management for Competitive Advantage. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Dwi Wulandhari. (2015), Perencanaan Produksi Pakan Ternak pada PT.ABC Menggunakan Metode Linear Programming, Tesis Magister., Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Raja Jayaraman &Cinzia Colapinto 2015. Multi-criteria model for sustainable development using goal programming applied to the United Arab Emirates. International Journal of Production Economics,3, 447-454.

Taylor, Bernard W. (2006). Introduction to Management Science, Ninth Edition. Prentice Hall

Reay-Chen Wang&Tien-Fu Liang, 2005. Applying possibilistic linear programming to aggregate production planning. International Journal of Production economics , 98, 328-341




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v3i2.2621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Zulfikar Cahya Gumilang, Nurhadi Siswanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)