Metode Monte Carlo Sebuah Analisis Untuk Melihat Potensi Kerugian Saham

Diandra Maulina, Indra Siswanti, Embun Prowanta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar potensi kerugian dari setiap saham dengan pendekatan Value at Risk (VaR) dengan menggunakan metode Monte Carlo Simulation, untuk mengetahui nilai Value at Risk (VaR) portofolio dari 10 saham, dan untuk mengetahui cara mengukur akurasi atau ketepatan pada Value atRisk (VaR) dengan menggunakan metode Monte Carlo Simulation.Hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa nilai z sebesar 0.246 yang berarti tidak termasuk dalam daerahpenolakan, ini berarti hipotesis dalam penelitian ini tidak di tolak. Jadi, dapat disimpulkan jika model Valueat Risk (VaR) benar. Sehingga modelValue at Risk (VaR) dengan metode Monte Carlo Simulation ini dapat dikatakan valid.

References


Batuparan, D.S. (2000). BEI NEWS : Mengapa Risk Management?. Edisi 4, Jakarta

Berkowitz. (2001). Testing Density Forecast, With Applications to Risk Management. Journal of Business & Economic, Vol 19, No. 4.

Brown, A. (2008). Private Profits and Socialized Risk – Counterpoint: Capital Inadequacy. Global Association of Risk Professionals. June/July 08 issue.

Chandra, Kho, M. (2014). Perhitungan Value at Risk Portofolio Saham Menggunakan Metode Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus PT. Semen Indonesia dan PT. Unilever Indonesia). JOM EMIPA, Vol. 1, NO. 2.

Fuady, Mukti. (2001). Pasar Modal Modern (Tinjauan Hukum). Buku Kesatu. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Gleason, K., L. Rosenthal, and R. Wiggin

Ghozali. (2007). Manajemen Risiko Perbankan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Halim. (2005). Analisis Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Hidayati. (2006). Mengukur Risiko Perbankan dengan VaR (Value at Risk). Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 1 Edisi II

Idroes, Ferry N. dan Sugiarto. (2006). Manajemen Risiko Perbankan: Dalam Konteks Kesepakatan Basel dan Peraturan Bank Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Idroes, Ferry N. dan Sugiarto. (2011). Manajemen Risiko Perbankan: Pemahaman Pendekatan 3 pilar Kesepakatan Basel II Terkait Aplikasi Regulasi dan Pelaksanaannya di Indonesia. Jakarta: PT. Rajagrafindo.

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi VI, Yogyakarta: Penerbit Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Jorion, P. (2001). Value at Risk, the new Benchmark for Managing Finalcial Risk, 2nd Edition, United States: McGraw-Hill

Jorion, P. (2007). Value at Risk: The New Benchmark Managing Finansial Risk. Third Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies.

Mardiyanto, Handono. (2009). Intisari Manajemen Keuangan. Edisi pertama, Jakarta: Grasindo.

Maruddani, Purbowati. (2009). Pengukuran Value at Risk pada Aset Tungga dan Portofolio dengan Menggunakan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus PT. Telekomunikasi dan PT. Astra International). Media Statistika. Vol. 2, No. 2.

Nazir. (1998). Metode Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Prihantoro, D.S. (2005). Analisis Keakuratan Metoda Historical Simulation Dalam Menghitung Nilai Value-At-Risk Portofolio Saham. Thesis, MMUGM Yogyakarta.

Rubinstein, Y., & D.P. (2004). The Cross-Entropy Method: A Unified Approach to Combinatorial Optimization, Monte-Carlo Simulation, and Machine Learning. New York: Springer Science.

Sartono, Andika. (2006). Perbandingan Antara Metode Markowitz dan Mean Absolute Deviation. Jurnal Universitas Islam Indonesia, Vol. 11. No. 1, 2006

Tampubolon, Robert. (2004). Risk Management, Manajemen Resiko. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Tandelilin. (2010). Portofolio dan Investasi. Edisi pertama. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Tupan, Manurung, Prang. (2013). Pengukuran Value at Risk pada Aset Perusahaan dengan Metode Monte Carlo. Jurnal MIPA UNSRAT Online 2 (1) 5-11.

Widoatmodjo. (2005). Cara Sehat Investasi di Pasar Modal. Jakarta: PT. Elex Media Kompitudo

Zubir. (2011). Manajemen Portofolio: Penerapannya Dalam Investasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.21107/jsmb.v2i2.1466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Diandra Maulina, Indra Siswanti, Embun Prowanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2460-3775 (Online) dan ISSN: 2355-9543 (Print)