IMPLEMENTASI SENSOR BMP085 PADA QUADCOPTER BERBASIS MIKROKONTROLER

Guruh Bramandika

Abstract


Sensor BMP085 adalah sensor untuk mengukur tekanan udara (barometer) dengan nilai output berupa satuan Pa (pascal). Dengan memanfaatkan tekanan udara berdasar ketinggian terhadap permukaan laut, maka sensor ini juga dapat mengukur ketinggian (altimeter). Sensor BMP085 ini mendeteksi ketinggian obyek dengan cara memanfaatkan tekanan udara saat berada di atas udara dalam suatu wilayah tertentu. Jadi semakin tinggi suatu tempat maka semakin sedikit jumlah udara di atasnya dan menjadikan tekanan udara menjadi sedikit.Dari nilai tekanan udara itulah sensor dapat mengukur ketinggian secara akurat.Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat ini dijadikan penelitian alat dengan judul “Implementasi Sensor BMP085 Pada Quadcopter Berbasis Mikrokontroler”.Agar pengguna dapat mengerti berapa ketinggian yang sudah dicapai oleh quadcopter.Alat ini beroperasi dengan menggunakan sensor bmp085 yang pengukurannya dengan mengambil nilai tekanan udara lalu dihitung menjadi nilai ketinggian dan menggunakan mikrokontroler sebagai otak pemrograman. Dengan memberikan data output berupa tampilan nilai hasil pengukuran dari sensor BMP085 pada laptop, menggunakan bluetooth module yang fungsinya sebagai media komunikasi quadcopter saat proses terbang. Sehingga pengguna dapat mengerti batas nilai ketinggian,karena remote yang digunakan mempunyai batas jarak sendiri saat beroperasi terbang ada quadcopter.Juga dapat mencegah terjadi kesalahan seperti lost of control saat pengoperasian.

Keywords


Quadcopter, Mikrokontroler, Sensor BMP085, Lost of Controle, Bluetooth module.

References


Darajat A. U., M. Komarudin, Sri R. S. [2012]. “Sistem Telemetri Unmanned Aerial Vechile (UAV) Berbasis Inertial Measurement Unit (IMU)”.Lampung: Universitas Lampung.

Budiharto, Widodo. [2011]. Aneka Proyek Mikrokontroler. Jakarta:Graha Ilmu

Datasheet BMP085

Erni. [2009].DiagramAlir (flowschart). http://www.ndoware.com/diagram-hart.html.

Fadila N. Eritha, Nurussa’adah, Zainuri, A.. [2014]. “Implementasi Bluetooth HC-05 Untuk Mengurangi Tingkat Kecelakaan Pada Pengendara Sepeda Motor”. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

htttp://www.arduino.cc

Iqbal. [2007]. “Cara Kerja Bluetooth.” Ilmu Komputer.

Suradam.M.,RifkiR., EkoA., IwanS. [2013]. “PerancanganSistem TelemetriAkusisi Data CuacaDenganXBee Pro-S2”. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Rusmadi, Dedy. [2009]. “Mengenal Komponen Elektronika”. Bandung: Pioner Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.