DAMPAK PERLAKUAN TRANSIENT THERMAL TERHADAP KETAHANAN LAJU PERAMBATAN RETAK FATIK PADA PENGELASAN FRICTION STIR WELDING ALUMINIUM 2024-T3

Pujono Pujono

Sari


Paduan aluminium 2024-T3 merupakan paduan aluminium yang memiliki kemampuan las rendah sehingga salah satu metode untuk meningkatkan kekuatan las adalah untuk menerapkan proses pengelasan friction stir welding (FSW) dikombinasikan dengan perlakuan transient thermal (TT). Proses perlakuan TT dilakukan dengan memberikan pemanasan lokal di daerah sekitar las yang bergerak bersama-sama dengan alat sebagai sumber panas bergerak, dengan pemanasan berada dibelakang tool las. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sifat resistensi propagasi retak kelelahan.Metode Penelitian dilakukan dengan pengelasan paduan aluminium plat 2024-T3 menggunakan teknik FSW dengan perlakuan TT dengan penempatan pemanas yang terletak di belakang tool las. Kecepatan pengelasan adalah 12 mm / menit dan 1100 rpm.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan tarik tertinggi ultimate tensile strength(σmax) dari spesimen untuk FSW dengan menggunakan pemanas adalah 200,7 MPa. Perlakuan TT meningkatkan resistensi kelelahan laju pertumbuhan retak (da/dN) yang ditandai dengan menurunnya ketahanan lelah laju pertumbuhan retak (da/dN) pada stres faktor intensitas ΔK kurang dari 7 MPa.m0.5. Meningkatnya resistensi terhadap laju pertumbuhan kelelahan retak terjadi di spesimen dengan pemanas di belakang dari alat dengan nilai da/dN = 3,7078E-08 (ΔK) 3,7139.

Kata Kunci


Aluminum, FSW, Transient Thermal, Kelelahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Thomas,M.W., Nicholas . J., [1997], Friction Stir Welding for TransportationIndustries, TWI, Abington Hall, Abington, Cambridge CB1 6AL, UK.

Mishra, R.S., Ma. Z.Y., [2005], Friction stir welding and processing, Institute of Metal Research, Chinese Academy of Sciences, Shenyang 110016, China ME 3701, Materials of Engineering Laboratory, LSU

Deepa,R.A.,SherifE.,[2007], Characterization of Mechanical Properties and Study of Microstructure of Friction Stir Welded Joints Fabricated From Similar and Dissimilar alloys of Aluminium, Thesis, University of Missouri Columbia.

Michaleris, P., Sun, X., [2004], Finite Element Analysis of Thermal Tensioning Techniques Mitigating Weld Buckling Distortion, The Pennsylvania State University, University Park, PA, Battelle, Columbus, OH.

Mandal,N.R., [2002], Aluminium Welding, Departement of Ocean Engineering and Naval Architecture ,India Institute of Technology Kharagpur, Kharagpur, India.

Huang, T.D., Conrardy, C., Dong, P., Kvidahl, L., Decan, L., [2006], Distortion Mitigation Technique for Lightweight Ship Structure Fabrication, Northrop Grumman Ship Systems, Society of Naval Architects and Marine Engineers, US.

Lomolino,S., Tovo,R., Santos, J.D., [2004], Fatigue Behaviour of Friction Stir Welded Butt Joint in A6056 Alloy for Airframe Application, GKSS Forschungszentrum, Geesthacht, Germany.

ASM Metal Handbook Vol 19, [1996], Fatigue And Fracture, ASM International.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.