MENYOAL FILOSOFI ‘AN TARADIN PADA AKAD JUAL BELI (Kajian Hukum Ekonomi Syariah dalam Transaksi Jual Beli)

Abdur Rohman

Abstract


Islam is a religion that is universal and comprehensive. Universal means that Islam is for all of mankind on earth and can be applied in every time and place until the end of time. Comprehensive means that Islam has a complete and perfect doctrine (syumul). Perfection teachings of Islam, because Islam regulates all aspects of human life, not just the spiritual aspect (pure worship), but also aspects mu'amalah covering economic, social, political, legal, and so on. As a comprehensive doctrine, includes three basic teachings of Islam, the faith, Shari'ah and morals. Relations between aqidah, Shari'ah and morality in the Islamic system is established such that it is a comprehensive system. Islamic Sharia divides into two, namely worship and mu'amalah. Included in the study mua'amalah is selling that put forward the principle of "an-taradlin". Therefore, this paper attempts to review the philosophical basis of meaning and interpretation antaradin in the study of economic law of Islam.

Islam adalah agama yang universal dan komprehensif. Universal berarti bahwa Islam diperuntukkan bagi seluruh ummat manusia di muka bumi dan dapat diterapkan dalam setiap waktu dan tempat sampai akhir zaman. Komprehensif artinya bahwa Islam mempunyai ajaran yang lengkap dan sempurna (syumul). Kesempurnaan ajaran Islam, dikarenakan Islam mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, tidak saja aspek spiritual (ibadah murni), tetapi juga aspek mu’amalah yang meliputi ekonomi, sosial, politik, hukum, dan sebagainya. Sebagai ajaran yang komprehensif, Islam meliputi tiga pokok ajaran, yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak. Hubungan antar aqidah, syari’ah dan akhlak dalam sistem Islam terjalin sedemikian rupa sehingga merupakan sebuah sistem yang komprehensif. Syariah Islam terbagi kepada dua yaitu ibadah dan mu’amalah. Termasuk dalam kajian mua’amalah adalah jual beli yang mengedepankan prinsip ‚an-taradlin‛. Oleh karena itu, tulisan ini mencoba untuk mengulas secara filosofis makna dan tafsir antaradin dalam kajian hukum ekonomi Islam.

Keywords: Filososofi, Antaradin and Islamic Economics


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aedy, H. Hasan Indahnya Ekonomi Islam, Bandung: Alfabeta, 2007, h.61.

Syarifuddin.Amir Ushul Fiqh Jilid 1. (Jakarta: Kencana. 2011)

Ibrahim Ahmad Bek, al-Mu’amalah asy-Syar’iyah al-Maliyah (Kairo: Dar al-Intishar, t. th).

Minhajuddin, Fiqh tentang Muamalah Masa, 1989), 32

Ja’far, Abu Muhammad bin Jarir Ath-Thabari, Tafsir Ath-Thabari, pener: Akhmad Affandi, Jakarta: Pustaka Azzam, 2008, h. 787.

Louis Ma’luf, al-Munjid fi al-Lughat (Cet. XXI; Dar al-Masyruq, Beirut: 1973

Mamin Sukur, Tasawuf bagi Orang Awam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006, h. 240.

Dewi, Gemala dkk, Hukum Perikatan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2007, h.37.

Salim, H.S, Hukum Kontrak Teori dan Teknik Penyusunan Kontrak, Jakarta, Sinar Grafika, 2010, h. 11.

Dahlan, Abdul Aziz Ensiklopedi Hukum Islam, Jakarta: Ichbar Baru Van Hoove, 1996, h. 1502.

Karim, Adiwarman Azwar Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, pener : Tim IIIT Indonesia, Jakarta: The International Institute of Islamic Thought (IIIT) Indonesia, 2002,

Karim, Adiwarman A. Ekonomi Mikro Islami, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007,h..

Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Bab V – Jual Beli, Bagian 2, Kewajiban-kewajiban. 1503. (KUHPer. 1496, 1865; Rv. 70c.).

Mardani, Hukum Ekonomi Syariah di Indonesia, Bandung: Refika Utama, 2011, h. 206.

Teungku Muhammad Hasbi ash-Shiddieqy, Tafsir Al-Qur’anul Masjid An-Nuur, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2000, h. 636.

Nas, Muammar Kedahsyatan Marketing Muhammad., h. viii. Al Qurthubi Syaikh Imam, Tafsir Al Qurthubi, Terjemahan Ahmad Rijali Kadir, Jakarta: Pustaka Azzam, 2008,

Quthb, Sayid Tafsir Fi Zilalil Quran (terjemahan) jilid III, pener: Aunur Rafiq Saleh Tamhid, Sayfril Halim, Jakarta: Gema Insani Press, 2001, h. 52.

Az-Zuhaili, Wahbah Fiqih Islam Wa adillatuhu 1 (Pengantar Ilmu Fikih, Tokoh-Tokoh Mazhab Fikih, Niat, Thaharah, Shalat) jilid 1, Terjemahan: Abdul Hayyie al-Katani, dkk, Jakarta: Gema Insani, 2010, h. 188.

Warson Munawwir, Ahmad,Kamus Arab- Indonesia (Cet. XIV; Surabaya: Pustaka Progressif, 1997).




DOI: https://doi.org/10.21107/ete.v3i2.3911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Et-Tijarie



         
Creative Commons License

Et-Tijarie: Jurnal Hukum dan Bisnis Syariah by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.