PENGEMBANGAN MEDIA “AGUS TRAINER” UNTUK PEMBELAJARAN ROBOTIKA

Agus Efendi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menciptakan  media AGUS Trainer (Arduino General Unit Sensor) yang layak untuk meningkatkan pemahaman belajar robotika, 2)  Mengetahui keefektifan “AGUS TRAINER”  dalam meningkatkan hasil belajar robotika  di program studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK).

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R & D (Research and Development). Prosedur pengembangan produk media yang digunakan adalah langkah-langkah pengembangan produk adopsi dari model pengembangan ADDIE. Langkah-langkah pengembangan produk “AGUS TRAINER mencakup (1) analisis kebutuhan media pembelajaran robotika; (2) desain media trainer sensor robotika berbasis mikrokontroler Arduino ; (3) pengembangan media trainer sensor robotika ; (4) implemetasi  media trainer sensor robotika sebagai bahan belajar (produk); dan (5) evaluasi penggunaan media trainer sensor pada pembelajaran robotika di Program studi Pendidikan teknik informatika dan Komputer (PTIK) FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Keunggulan media trainer sensor robotika ini adalah menciptakan  pembelajaran yang  berlangsung efektif, yang lebih memperhatikan elemen bagaimana orang belajar dan menggabungkan pengetahuan ketika mengembangkan sistem sesuai tujuan pembelajaran tertentu yang akan dicapai.

 

Kata kunci: Robotika, Trainer sensor, Arduino

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.