PENGEMBANGAN SIMULASI 3 DIMENSI PERANGKAT JARINGAN NIRKABEL SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING

Whyna Agustin

Abstract


Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk merancang, membuat, dan menguji kelayakan simulasi 3 dimensi perangkat jaringan nirkabel sebagai suplemen pembelajaran bermuatan problem-based learning. Dampak yang diharapkan adalah siswa memiliki pengalaman awal dalam menganalisis perancangan dan pemasangan perangkat jaringan nirkabel sebelum menggunakan perangkat nyata. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan media pembelajaran Sadiman. Proses uji coba yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan produk adalah (1) uji coba satu lawan satu, (2) uji kelompok kecil, dan (3) uji lapangan. Adapun Hasil pengembangan telah dinyatakan valid 82% oleh ahli materi, valid 96,43% oleh ahli media, valid 81,23% oleh pengujian kelompok kecil, dan valid 81,89% dengan pengujian lapangan. Persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil uji coba adalah 85% sehingga termasuk dalam kategori layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.