TEORI PERMUTASI DAN PENGGUNAAN API MAPBOX UNTUK PENCARIAN RUTE TERPENDEK

Suryo Atmojo

Abstract


Abstrak

 

Permasalahan untuk mencari rute terkecil dari satu titik (node) awal ke titik (node) tujuan bias disebut pencarian rute terpendek (shortest path problem). Metode matematika yang dapat digunakan untuk mencari ruter terpedek  adalah permutasi. Metode permutasi digunakan untuk mencari rute terpendek dengan mengatur elemen-elemen dari sebuah himpunan dengan memperhatikan urutan dari masing-masing elemen. Metode permutasi memungkinkan untuk mendapatkan kombinasi dari beberapa node, sehingga kombinasi node dengan jarak terpendek dapat dipilih. API Mapbox adalah sebuah webservice yang menyediakan informasi tentang geocoding dan direction dari dua buah node. Berdasarkan hasil penelitian, rute terpendek merupakan rute tercepat tetapi jarak terpendek tidak berarti rute terpendek karena memperhitungkan faktor nilai bobot kemacetan jalan.

 

Kata Kunci: Permutasi, PHP, codeigniter, Map


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Apriliani, V., Nurdin, A., & Aryanti, A. (2018). PENENTUAN RUTE TERPENDEK PADA OPTIMALISASI JALUR PENDISTRIBUSIAN BARANG DI PT.X DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL. Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri. Malang: ITN.

Kriswanto, Y. R., Bendi, R. K., & Aliyanto, A. (2014). Penentuan Jarak Terpendek Rute Transmusi dengan Algoritma Floyd-Warshall. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI TERAPAN.

Siswoyo, B., & Andrianto. (2009). STUDI KOMPARATIF ALGORITMA ANT DAN ALGORITMA GENETIK PADA TRAVELLING SALESMAN PROBLEM. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 3, No. 1, Juni 2009, , 30-36.

Sitanggang, Y. C., Dewi, C., & Wihandika, R. C. (2018). Pemilihan Rute Optimal Penjemputan Penumpang Travel Menggunakan Ant Colony Optimization pada Multiple Travelling Salesman Problem (M-TSP). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3138-3145.

Utami, P. Y., Suhery, C., & Ilhamsyah. (2014). APLIKASI PENCARIAN RUTE TERPENDEK MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA. Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura, 19 – 25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.