PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PADA E-LEARNING SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF DALAM MATA KULIAH DESAIN GRAFIS

Afis Pratama

Abstract


Abstrak

 

Electronic Learning atau yang disingkat e-learning telah banyak digunakan dalam dunia pendidikan saat ini karena dapat digunakan untuk membantu proses transformasi paradigma pembelajaran dari teacher-centered menuju student-centered. Selain itu, e-learning memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan tenaga pengajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran seperti video streaming, virtual laboratory, virtual library, self assessment dan sebagainya. Dalam mata kuliah berbasis praktik, penggunaan video tutorial pada e-learning dirasa perlu sebagai sumber belajar alternatif. Hal ini dikarenakan video tutorial mampu menampilkan pembelajaran tertentu secara berulang-ulang sesuai keinginan pengguna.

Tujuan jangka pendek dalam penelitian ini adalah untuk membuat video tutorial yang layak sebagai sumber belajar alternatif dalam mata kuliah Desain Grafis, dimana video tutorial yang telah dibuat nantinya akan disematkan pada e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah dan diharapkan mampu untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa setelah menggunakan video tutorial yang terdapat pada e-learning. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah mampu untuk menciptakan macam-macam video tutorial pada e-learning dalam mata kuliah lainnya yang berbasis praktik dan memperkaya konten e-learning itu sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan mahasiswa sangat tertarik dengan adanya video tutorial pada e-learning IKIP Veteran dan video tutorial tersebut juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: e-learning, Video Tutorial, Desain Grafis, Sumber Belajar Alternatif.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Putera

Hopper, J.H (2012). Digitize The Easel: Students Perspective on Tutorial Videos in The Art Classroom. Maryland Institute College of Art (MICA): Art Educcation, 69(4) 23-28.

https://www.mica.edu/About_MICA/Departments_and_Services/The_Center_for_Art_Education/Art_Education_Research/Published_Articles.html

Iqra’ al-firdaus. (2010). Buku Lengkap Tuntunan Menjadi Kameramen Profesional. Yogyakarta: Buku Biru

Hebert, R. M., & Roberts, W. (2013). Online Job Tutorials @ the Public Library: Best Practices from Carnegie Library of Pittsburgh’s Job & Career Education Center. Pennsylvania Libraries: Research & Practice, 1(2), 95–134. https://doi.org/10.5195/PALRAP.2013.15

Junus, I. S., Santoso, H. B., Isal, R. Y. K., & Utomo, A. Y. (2015). Usability evaluation of the student centered e-learning environment. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 16(4), 62–82. Retrieved from http://www.irrodl.org/index.php/irrodl/article/view/2175

Ractices, B. E. S. T. P., Nline, F. O. R. O., Bowles-terry, M., & Hensley, M. K. (2010). T UTORIALS IN A CADEMIC L IBRARIES A Study of Student Preferences and Understanding, 4(1).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suteja, B. R., & Dkk. (2010). Personalization Sistem E-Learning Berbasis Ontology. MAKARA of Science Series, 14(2), 192–200.

Turner, B., Fuchs, C., & Todman, A. (2015). Static vs. Dynamic Tutorials: Applying Usability Principles to Evaluate Online Point-of-Need Instruction. Information Technology and Libraries, 34(4), 30. https://doi.org/10.6017/ital.v34i4.5831

Uny, F. T. (2009). Hand out Pengayaan PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF, (5), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.21107/edutic.v4i2.3943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:
Sinta 3 Google ScholarCrossrefDimensionsWorldcatScilit MDPIROAD


J. Ilm. Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License