PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB DI SMA 1 ANNUQAYAH SUMENEP

muchamad arif, Ahmad Syafii Zein, Eka Mala Sari

Abstract


Abstrak

 

Saat ini belum banyak sekolah di Indonesia mengembangkan sistem informasi  Penerimaan  Siswa   Baru   (PSB) pada sistem  infomasi berbasis web.  Dengan  manfaat  dan  kemudahan teknologi yang sudah ada, sudah seharusnya pengembangan sistem informasi penerimaan siswa baru (PSB) ini dikembangkan oleh tiap-tiap sekolah. Sistem PSB di SMA 1 Annuqayah masih menggunakan sistem manual atau melalui brosur. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pihak sekolah dalam proses penerimaan siswa baru berbasis web agar proses PSB berjalan efektif.Prosedur Pengembangan dalam penelitian ini, mengacu pada model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan produk Sistem Informasi ini adalah ADDIE, dengan 5 tahapan sebagai berikut  yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan tahap Evaluation (evaluasi). Tahap pengembangan perangkat sistem informasi, dalam penelitian ini adalah produk berupa sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis web  di SMA 1 Annuqayah Sumenep. Penilaian yang diperoleh dari ahli Validasi oleh ahli desain kinerja diperoleh persentase 97 %, ahli desain sistem persentase 95 %, hasil   persentase desain kinerja 89,3% hasil  persentase desain tampilan 87,6%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sistem informasi yang dihasilkan dapat membantu mempermudah siswa dalam mendaftar dan panitia untuk melaksanakan PSB Online.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afsah, Rafika Mutia. dkk. (2015). Hubungan Efektifitas Psb Sma Online Dan Kinerja Website Terhadap Kepuasan User Diwilayah Dinas Pendidikan Kota Padang, jurnal vokasional teknik elektronika & informatika. Vol. 3 No. 1, Januari – Juni 2015.

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction. (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers.

Herdianto, R. Anggit. (2014). analisis dan pengembangan sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis codeigniter php framework di smk ma’arif 1 mungkid. Skiripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Hartono, Jogianto. (2006). Konsep Dasar Sistem Informasi. Yogyakarta

Kristanto, Andi. (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Marimin, Tanjung H., & Prabowo, H. (2006). Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Nugroho, Irwin. (2011). Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dengan Php Dan Sql, Skiripsi, Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Oetomo, B. S. (2006). Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Pribadi, Johan Aji. (2015). Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web, makalah. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, Maret.

Rijal, Bait Syaiful. (2014).Pengembangan Model Elektronik Perakitan dan Instalasi Komputer sebagai sumber belajar untuk siswa kelas X SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik.Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sari, tika. (2014). Pengembangan Dan Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Smk Negeri 2 Depok Sleman Berbasis Web, Skiripsi, Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Jakarta: Alfhabeta.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukenda. dkk. (2013). pengembangan aplikasi multimedia pengenalan pemanasan global dan solusinya mengunakan pendekatan ADDIE. Jurnal disajikan dalam seminar nasional sistem informasi Indonesia, Bandung, 2-4 Desember.

Susanti, Fitria. (2015). Pengembangan E-modul dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook maker pada pokok bahasan fluida statis untuk peserta didik SMA/MA kelas X.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sains Dan Teknologi.UIN Sunan Kalijaga

Tegeh, Made, Jampel, Nyoman, dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Edutic Indexed by:

   

Jurnal Edutic is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Copyright © 2014 Informatics Education Program Study, University of Trunojoyo Madura.