MEDIA PRODUKSI (GEOMEMBRANE) DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS DAN HARGA JUAL GARAM (STUDY KASUS : LADANG GARAM MILIK RAKYAT DI WILAYAH MADURA)

Zainal Arif Abdullah, Aprilina Susandini

Abstract


Garam merupakan komoditas vital yang memainkan peranan penting untuk memenuhi kebutuhan konsumsi maupun berbagai kegiatan industri. Kebutuhan garam secara nasional selalu meningkat setiap tahunnya dan tidak dapat dipenuhi dari produksi garam dalam negeri. Madura merupakan pulau penghasil garam rakyat terbesar di Indonesia maka perlu dilakukan pengembangan proses produksi garam yang lebih efektif dan efisien sehingga mampu mengatasi kebutuhan garam nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang media produksi (Geomembrane) dapat meningkatkan kualitas dan harga jual garam rakyat di wilayah Madura. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 responden tiap wilayah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan porposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pegumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penggunaan media produksi geomembrane dengan penelitian yang dilakukan pada ladang garam milik rakyat di wilayah Madura mampu menghasilkan garam dengan kualitas lebih baik dari tanah yaitu rata – rata masuk pada kategori garam K.I sedangkan kualitas garam hasil produksi tanah rata – rata masuk pada kategori garam K.II dan K.III selain itu harga garam hasil produksi menggunakan media geomembrane lebih mahal dari harga garam hasil produksi tanah karna harga garam berkaitan dengan kualitas garam itu sendiri.


Keywords


Geomembran, garam, harga, kualitas

Full Text:

PDF

References


Arwiyah, Muhammad .Z, & Mahfud .E. 2015. Studi Kandungan Nacl Di Dalam Air Baku Dan Garam Yang Dihasilkan Serta Produktivitas Lahan Garam Menggunakan Media Meja Garam Yang Berbeda. Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Trunojoyo Madura. ISSN: 1907-9931

Agus S. 2013. Penerapan System Produksi Yang Efektif Dan Efisien (Studi Pada PT.Gunung Arta Manunggal Di Desa Saronggi Kabupaten Sumenep). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Wiraraja.

Bagus A. K, Agus .S & Choirul S. 2014. Implementasi Program Dana Bantuan Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) Dalam Rangka Pengembangan Wirausaha Garam Rakyat (Studi Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep).Program Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. ISSN : 1411-0199 / E-ISSN : 2338-1884

Didi A. 2013. Kajian Pengembangan Sentra Tambak Garam Rakyat Di Kawasan Pesisir Selatan Kabupaten Sampang Provinsi Jawa Timur. Sekolah Pasca sarjana Institut Pertanian Bogor.

Hendriawan .I & Udisubakti .C 2013. Analisis Kelayakan Finansial dan Tingkat Penerimaan Teknologi Geomembrane Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (TAM2) Dengan Pendekatan Model MCDM Hybrid Decision Making Trial And Evaluation Laboratory (DEMATEL) dan Analytical Network Process (ANP).Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Iful .A. 2016. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol.4

Iin. S. 2013. Efisiensi Teknis Dan Ekonomis Teknologi Geomembrane Pada Produksi Garam Tambak Di PT. Garam II Pamekasan dan Prospek Pengembangan. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Mahfud .E, Muhammad .Z & Hafiluddin. 2013. Intensifikasi Lahan Garam Rakyat Di Kabupaten Sumenep. Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Trunojoyo Madura

Purbani, D . 2006. Panduan Pembuatan Garam Bermutu. Badan Riset Kelautan dan Perikanan Pusat Riset Wilayah Laut dan Sumberdaya Nonhayati.

Rezha Adviana .R & Theissen K. 2013. Penerapan Teknologi Tepat Guna untuk Mengoptimalkan Produksi Garam Rakyat di Desa Tanjakan, Kecamatan Krangkeng, Kabupaten Indramayu. Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran.

Rusiyanto, Etty S, & Jumaeri. 2013. Penguatan Industri Garam Nasional Melalui Perbaikan Teknologi Budidaya Dan Diversifikasi Produk. Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono ,2011. Metode Penelitian Kombinasi,Yogyakarta:Alfabeta Bandung

Sugiarti .I 2013. Efisiensi Teknis Dan Ekonomis Teknologi Geomembran Pada Produksi Garam Tambak Di Pt. Garam Ii Pamekasan dan Prospek PengembanganDi Tingkat Petani. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember.

Sri D. 2014. Analysis of Salt Availability Towards Sustainable National Salt Self- Sufficiency Achievement (A Dynamic Model Approach). Program Studi Agribisnis, Sekolah Pascasarjana, IPB.

Ummu H & Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Hal 31 – 48

Zainul H, 2016. Pemodelan Dinamika Sistem Efektivitas Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat Di Pesisir Selat Madura (Studi Kasus Konversi Lahan Garam Tradisional Menjadi Lahan Garam Geomembran). Universitas Trunojoyo Madura. Prosiding Seminar Nasional Kelautan 2016




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v4i1.3998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.