PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

- Burhanudin, - Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel pemoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 periode 2012-2015. Metode penentuan sampel  dilakukan dengan metode purposive sampling, dan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah sebanyak 18 sampel perusahaan dengan 72 observasi. Pengujian hipotesis penelitian digunakan teknik analisis regresi sederhana dan moderated regression analysis, dengan alat bantu aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, 2) profitabilitas berpengaruh positif dan  signifikan terhadap nilai perusahaan, 3) kebijakan dividen mampu secara signifikan memoderasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan,4) kebijakan dividen mampu secara signifikan memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, dan Nilai Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal dkk. 2014. Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen Dan Size Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 2, Nomor 3, Oktober 2014.

Baridwan, Zaki. 2004. Intermediate Accounting. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono, dan Fakhruddin. 2012. Pasar Modal Di Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta : Salemba Empat.

Haruman, T. 2008. Pengaruh Struktur Kepemilikan Terhadap Keputusan Keuangan dan Nilai Perusahaan: Studi Pada Perusahaan Manufaktur di PT. Bursa Efek Indonesia.

Herawati, Titin. 2012. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Jusriani, Ika Fanindya . 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang, dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Mahendra, A., L. G. S. Artini, A. A. G. Suarjaya. 2012. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan 6(2): 130-138.

Martikarini, Nani. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan hutang, dan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2011. Jurnal Akuntansi-Universitas Gunadarma.

Martini , Putri Dwi dan Ikhsan Budi Riharjo. 2014. Pengaruh Kebijakan Utang Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan: Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 3 No. 2 (2014).

Maulana, RM., Hermanto, INNA Putra, 2016 Pengaruh keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015, Jurnal Distribusi, Vol.1, No2, 27-46.

Nugeraha, A., IG Mandra, INNA Putra, 2017, Jurnal Distribusi, Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Diberlakukannya Tax Amnesty Periode Pertama Pada Perusahaan Sub Sektor Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di BEI., Vol. 4, Issue 1.

Prapaska, Johan Ruth. 2012. Analisis Pengaruh Tingkat Profitabilitas, Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2009-2010. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dipenogoro : Semarang.

Putra, INNA, 2006, Analisis Biaya Keagenan terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa efek Jakarta, Jurnal Riset Akuntansi, Vol.5, Issue. 2, 27-47.

Rustendi, Tedi dan Farid Jimmi. 2008. Pengaruh hutang dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan pada sektor manufaktur. Jurnal Akuntansi 3 (1): 411-422.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi, Edisi Keempat. Cetakan Keempat. Yogyakarta; BPFE Yogyakarta.

Sasongko, Noer dan Nila Wulandari. 2006. Pengaruh Eva dan Rasio – Rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham. Empirika, Vol. 19 No. 1, Juni 2006(hal 64-80).

Setiawan, Firman dan Akhmad Riduwan. 2015. Pengaruh Roa, Ukuran Perusahaan Pada Nilai Perusahaan : Dpr Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 4 No. 8 (2015).

Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Edisi revisi. PT. Pustaka LP3ES. Jakarta.

Sjahrial, D. 2007. Manajemen Keuangan Lanjutan. Edisi Pertama. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Sudana, I Made. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan praktik. Erlangga. Jakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Suliyanto. 2011. Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. ANDI. Yogyakarta.

Utami, Anindyati Sarwindah. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Jember.

Wanti, Sri Rahayu. 2016. Pengaruh struktur modal, kebijakan Dividen dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan. E-Journal Universitas Pasir Pengaraian .




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v4i1.3997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.