PENGARUH KOMPETENSI DAN HUBUNGAN ANTAR MANUSIA (HUMAN RELATION) KINERJA KARYAWAN PDAM SUMBER POCONG BANGKALAN

Hendy Prasetia Dinata, Anugrahini Irawati, Faidal Faidal

Abstract


Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengidentifikasi  variabel kompetensi dan hubungan antar manusia (human relation) mempengaruhi kinerja karyawan PDAM Sumber Pocong Bangkalan baik secara parsial, simultan dan variabel yang paling dominan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan total populasi 167 dan total sampel 63 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus slovin, serta teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini di analisis menggunakan uji analisis regresi linier berganda, untuk menguji instrument penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, dan teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.

Berdasarkan uji statistik, ditemukan bahwa kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,472 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,001 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar lebih besar 3,478 dari ttabel  sebesar 1,67065. Selanjutnya di temukan bahwa hubungan antar manusia (human relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat di lihat dengan nilai koefisien regresi (B) sebesar 0,447 dan memiliki nilai signifikasi sebesar 0,007 yang lebih kecil dari a = 0,05. Sedangkan hasil thitung sebesar 2,797 lebih besar dari ttabel sebesar 1,67065. Kemudian ditemukan secara bersama-sama atau simultan kompetensi dan hubungan antar manusia (human relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, hal ini dapat dilihat dari nilai Fhitung  sebesar 89,194 lebih besar dari Ftabel  yaitu 3,15 dengan tingkat signifikasi 0,000 <0,05. Sedangkan untuk variabel yang paling dominan kompetensi berpengaruh lebih dominan terhadap kinerja karyawan daripada hubungan antar manusia. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien Beta kompetensi  sebesar  0,493  >  dari  nilai  koefisien  Beta  hubungan   antar manusia (human relation) sebesar 0,397

Keywords


Kompetensi, Hubungan Antar Manusia (Human Relation), Kinerja Karyawan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmad S. Ruky. 2006. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta:PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Davis, Keith dan Newstron, Jhon W. 2000. Perilaku Dalam Organisasi. Jilid Kedua. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.

Dessler, Gary. 2006. MSDM, Jilid II,Jakarta: PT. Indeks,

Effendy, Onong Uchjana.2001. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Fadillah, Annisa Ayu. 2015. Pengaruh Human Relation(Hubungan Antar Manusia), Kondisi Lingkungan Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Hotel Dafam Semarang.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Putri, Yuan Duana. 2013. Pengaruh Palatihan, Kompetensi dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Balai Proteksi Tanaman dan Perkebunan (BPT-BUN) di Salatiga.

Robbins, Stephen P. 2001. Perilaku Organisasi, Edisi 8. Jakarta: Prentice Hall,

Siagian P Sondang. 2004. Manajemen Abad 21. Jakarta: Bumi Aksara

Simamora, Henry. 2004.Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wibowo. 2011. Budaya organisasi : Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.21107/ee.v3i1.3032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.