Analisis Deskriptif Aktivitas Dan Potensi Komunitas Desa ‘Enclave’ Ranu Pane Pada Zona Pemanfaatan Tradisional, Kecamatan Senduro, Kab. Lumajang, Wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Tnbts)

Syamsu Budiyanti

Abstract


Pemanfatan potensi hasil hutan non-kayu oleh masyarakat di zona tradisional TNBTS selama ini masih berupa pemanfatan kayu bakar dan pakan ternak (seperti rumput dan hijauan lainnya), pemanfaatan buah hutan (seperti kemlandingan gunung), pemanfaatan jamur hutan (jamur grigit, jamur pasang, jamur siung, jamur kuping dan jamur landak), pemanfaatan tumbuhan obat (ampet, tepung otot, purwaceng, pronojiwo, dsb), pemanfaatan bamboo, dan lainnya sebagainya. Dan dalam hal regulasi, kegiatan pemanfaatan atau pengambilan kayu yang dilakukan oleh masyarakat, belum terdapat pengaturan sedemikian rupa sehingga akan dikhawatirkan menjadi tidak terkendali, yang pada akhirnya dapat mengancam kelestarian potensi kehati dan ekosistem TNBTS. Untuk itu, ke depan sangat perlu dikembangkan mekanisme/pola pengaturan dan pemanfatan hutan secara terkendali dengan memperhatikan azas kelestarian potensi demi keberlanjutan pemanfatan oleh masyarakat.
Dalam konteks inilah, gambaran kasus Desa ‘Enclave’ Ranu Pane yang berada dalam area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), sangat diperlukan langkah-langkah strategis untuk melakukan pendayagunaan optimal pada zona pemanfaatan tradisional, khususnya agar semakin memberikan ‘nilai tambah’ yang besar baik kepada masyarakat Desa Ranu Pane dan sekitarnya, serta terutama untuk memperbesar ‘daya dukung’ alam bagi kehidupan manusia secara berkelanjutan, dengan menegaskan kembali tentang konsep bahwa keadilan bukan hanya hak milik manusia, namun juga semua makhluk hidup ciptaan Tuhan lainnya, baik tumbuhan, binatang dan seluruh alam.


Keywords


TNBTS, Desa Enclave, Ranu Pane, Zona Pemanfaatan Tradisional, Taman Nasional, Restorasi ekosistem, Eko-Wisata

Full Text:

PDF

References


Artaka, Toni, 2012. Action Plan: JICA Training and Dialogue Program: Sustainable Natural Resource Management though Japanese System of Natural Park. Community Capacity Building for Tourism Village at Ranu Pani Village; An Enclave Village of Bromo Tengger Semeru National Park, East Java – Indonesia; 2012 – 2015. Lumajang.

Anonymous, 2010. Kabupaten Lumajang Dalam Angka (Kabupaten Lumajang Dalam Angka). Lumajang.

Anonymous, 2011. Laporan Tahunan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Bromo Tengger Semeru Taman Nasional; Laporan Tahunan). Lumajang.

Hakim, L. Dr. M.Si., 2011. Visibilitas Studi: Restorasi Ekosistem di Ranu Pani dan Ranu Regulo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Universitas Brawijaya, Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All publications by DIMENSI - Journal of Sociology are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.