Perbanyakan Tanaman Panili (Vanilla planifolia Andrews) Secara Setek dan Upaya untuk Mendukung Keberhasilan Serta Pertumbuhannya

Nur Holis

Abstract


Salah satu faktor penentu keberhasilan pengembangan dan pengusahaan tanaman panili antara lain bibit yang baik. Tingkat pertumbuhan dan keberhasilan perbanyakan tanaman panili di pembibitan menjadi faktor pendukung dalam menghasilkan dan penyediaan bibit. Makalah ini bertujuan untuk mendapatkan informasi baik mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan maupun informasi pendukung lainnya mengenai perbanyakan tanaman panili secara setek dan upaya untuk mendukung keberhasilan serta pertumbuhannya. Tingkat pertumbuhan dan keberhasilan perbanyakan tanaman panili secara setek di pembibitan di antaranya dipengaruhi oleh teknologi budidaya dan kondisi lingkungan, sehingga harus mengadopsi teknologi budidaya yang tepat serta memperhatikan kesesuaian lingkungan yang memenuhi persyaratan tumbuh tanaman panili. Upaya untuk mendukung keberhasilan serta pertumbuhan setek panili, telah dilakukan berbagai penelitian untuk mengurangi kendala-kendala yang ada dalam praktek budidaya khususnya pembibitan dengan menggunakan bahan setek. Misalnya dalam upaya menanggulangi keterbatasan bahan setek dengan penggunaan setek pendek, meningkatkan pertumbuhan dengan penggunaan zat pengatur tumbuh, mengatasi ketersediaan unsur hara dengan pemupukan baik lewat tanah maupun daun, dan efisiensi dalam penyerapan hara dengan menggunakan mikoriza.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Acquaah G. 2009. Horticulture: Principles and Practices. Ed. ke-4. New Jersey (US): Prentice Hall.

Asnawi R. 1989. Pengaruh pemberian kapur dan pupuk fosfat terhadap pertumbuhan tanaman panili pada tanah podsolik merah kuning. Pemb. Littri. 14(4):130-133.

Asnawi R. 1990. Pengaruh torehan dan sitozim seed plus terhadap pertumbuhan setek tiga tipe panili (Vanilla planifolia Andrews). Bul. Littro. 5(1):38-45.

Asnawi R, M.P. Yufdi, T. Somantri. 1989. Pengaruh air kelapa terhadap pertumbuhan setek panili. Pemb Littro. 15(2):79-83.

[Deptan] Departemen Pertanian. 2003. Pedoman penggunaan pupuk an-organik. Jakarta (ID). Deptan.

Dhalimi A. 2003. Pengaruh sekam dan abu sekam terhadap pertumbuhan dan kematian tanaman panili (Vanilla planifolia Andrews) di Pembibitan. Bul. Littro. 14(2):46-57.

[Ditjenbun] Direktorat Jenderal Perkebunan. 2008. Pedoman Teknis Budidaya Panili. Jakarta (ID): Ditjenbun.

Dwiwarni I. 1989. Pengaruh penggunaan urin sapi dan pupuk daun terhadap pertumbuhan setek panili. Pembr. Littri. 15(1):36-41.

Dwiwarni I, R. Asnawi. 1994. Pengaruh cara pemberian dan konsentrasi pupuk NPK terhadap pertumbuhan panili. Pembr. Littri. 10(2):30-34.

Firman C. 2008. Teknik inokulasi mikoriza arbuskula pada bibit panili. Bul. Teknik Pertanian. 13(2) 47-50

Hadipoentyanti E, A. Ruhnayat, L. Udarno. 2007. Teknologi Unggulan Panili. Bogor (ID): Puslitbangbun.

Harjadi S.S. 1996. Pengantar Agronomi. Jakarta (ID): Gramedia.

Hartman H.T, D.E. Kester. 2010. Plant Propagation: Principles and Practices. Ed ke-8. New Jersey. (US): Prentice Hall 727 p.

Hidayat A.Y, Hariyadi. Respon pertumbuhan bibit panili (Vanilla planifolia Andrews) terhadap aplikasi zat pengatur tumbuh dan pupuk cair NPK. Bul. Agrohorti. 3(1):39-46(2015).

Ingels J.E. 2000. Ornamental Horticulture: Science, Operations, and Management. Ed ke-3. New York (US): Delmar.

Kusumawardana A. 2008. Pengaruh konsentrasi rootone-f dan jenis media tanam terhadap pertumbuhan setek panili (Vanilla planifolia Andrews) [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Lawani M. 1995. Budidaya dan Penanganan Pasca Panen Panili. Yogyakarta (ID): Kanisius

Mansur U. 2009. Teknik penggunaan naungan paranet untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi panili (Vanilla planifolia Andrews). Bul Teknik Pertanian. 14(2):76-79.

Mariska I, I. Darwati, H. Moko. 1987. Perbanyakan stek panili (Vanilla planifolia Andrews) dengan zat pengatur tumbuh pada berbagai media tumbuh. Ed. Khusus Littro. 3(2):89-94. pada tabel 5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.