Pengembangan Agroindustri Wilayah Pesisir Berbasis Komoditas Unggulan Ikan Hasil Tangkapan

Nurrisalah Hayati, Taufik Rizal Dwi Adi Nugroho

Abstract


Sektor perikanan merupakan salah satu sektor riil yang potensial dan dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa komoditas hasil tangkap unggulan dan merumuskan strategi pengembangan agroindustri yang berasal dari komoditas hasil tangkap unggulan yang terpilih. Metode yang digunakan adalah metode Location Quotient (LQ) untuk mengetahui komoditas hasil tangkap unggulan dan Analisys Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui strategi pengembangannya. Berdasarkan hasil analisis LQ, ikan kurisi dan ikan cakalang merupakan komoditas unggulan di Wilayah Pesisir Kecamatan Tlanakan sedangkan hasil analisis AHP, kriteria modal menjadi prioritas pertimbangan utama dalam memilih alternatif agroindustri berbasis komoditas hasil tangkap unggulan, kemudian prioritas selanjutnya adalah kriteria sarana prasarana, teknologi, peluang pasar, kebijakan pemerintah, tenaga kerja, dan bahan baku.

Full Text:

PDF

References


BAPPEDA. (2012). Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pamekasan Tahun 2010-2030. Pamekasan.

BPS. (2012). Produk Domestik Regional Bruto Pamekasan Menurut Lapangan Usaha 2012-2016.

Budiharsono, S. (2001). Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.

Bungaran, S. (2001). Agribisnis Paradigma Baru Pembangunan Ekonomi Berbasis Pertanian. Bogor: Yayasan Mulia Pesada.

Hendayana, R. (2003). Aplikasi Metode Location Quotient (LQ) dalam Penentuan Komoditas Unggulan Nasional. Jurnal Informatika Pertanian, 12, 1–21.

Kalsum, U., Fauziyah, E., & Nugroho, T. R. D. A. (2013). Preferensi Konsumen Dalam Membeli Rengginang Lorjuk Di Kecamatan Kamal Bangkalan. Agriekonomika, 2(2), 153–162. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/434.

Vilathuvahna, A., & Nugroho, T. (2015). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Agriekonomika, 4(1), 107–119. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/agriekonomika/article/view/678.

Wira, R. (2011). Studi Bioekonomi Perikanan Pelagis Di Perairan Selat Madura. Universitas Brawijaya.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v7i1.3590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License