PERGESERAN PANGSA PASAR PRODUK SUSU FERMENTASI BERMEREK DALAM KEMASAN DI KOTA MAKASSAR

Sitti Khadijah Yahya hiola, St Aisyah R

Abstract


Dalam memperebutkan konsumen, persaingan perusahaan tidak lagi terbatas pada kegunaan produk, tetapi sudah dikaitkan dengan pergeseran merek.  Saat ini banyak bermunculan merek susu fermentasi yang cukup bersaing. Top Brand Survey menunjukkan bahwa Yakult  menduduki peringkat teratas kemudian disusul dengan merek Cimory. Penelitian bertujuan untuk memprediksi pergeseran pangsa pasar produk susu fermentasi bermerek dalam kemasan di Kota Makassar. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Responden disyaratkan  sedang atau pernah mengonsumsi susu fermentasi bermerek dalam kemasan. Penelitian ini dianalisis dengan rantai markov.  Hasil penelitian bahwa telah terjadi pergeseran pangsa pasar susu fermentasi bermerek di Kota Makassar sebagai akibat adanya perpindahan merek susu fermentasi.  Merek Yakult dan Cimory mengalami peningkatan jumlah pangsa pasar sedangkan merek Vitacharm mengalami penurunan.  Dari hasil temuan tersebut dapat diramalkan kecenderungan permintaan susu fermentasi bermerek dalam kemasan di Kota Makassar dan merancang strategi bersaing dalam menguasai pasar. 

SHIFT MARKET OF PACKAGING DAIRY MILK FERMENTATION PRODUCT IN MAKASSAR

ABSTRACT
In order to gaining the consumers, companies competition is no longer limited to the usefulness of the product, but the brand it selfs already associated with a shift. Today many brands popping fermented milk is quite competitive. Top Brand Survey showed that Yakult was ranked top followed by Cimory brand. The aim of this study is to predict the shift in market share in the branded fermented milk products packaged in Makassar. Sampling technique used is purposive sampling. Respondents were required or never consume fermented milk brand in the packaging. This study analyzed by using Markov chain method. The results of the research that has been a shift in market share fermented milk brand in Makassar as a result of the displacement of fermented milk brand. Yakult brand and cimory brand are increasing number of market share while brand Vitacharm decreased. The findings can be predicted demand trends in the packaging of fermented milk brand in Makassar and devise a strategy to compete in the market. 


Keywords


Susu Fermentasi; Pergeseran Pangsa Pasar; Merek; Rantai Markov

References


Abisatya, Diaz. 2009. Competitive Advertising Serta Dampaknya Pada Perilaku Brand Switching Konsumen. Jurnal Bisnis Dan Manajemen 10(1): 1-16.

Afandi, Andi. 2013. Analisis Pergeseran Merek Produk Susu Kental Manis Di PT. Gelael Indotim Makassar. Skripsi. Program Sarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Andriani. 2011. Analisis Segmentasi Pasar Produk Yoghurt Berdasarkan Perilaku Konsumen Pada Hypermart Cabang Panakukang, Makassar. Skripsi. Program Sarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Andriani, Rafita Eka dan Untarini, Nindria. 2015. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen Dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Perpindahan Merek Mobile Broadband Smartfren. Jurnal Ilmu Manajemen 1(1): 1-13.

Apsari, Meta. 2014. Pengaruh Kualitas Persepsian, Citra Merek, Dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Minat Beli Yang Dimediasi Oleh Sikap Kognitif Tentang Merek (Studi pada Pengguna Smartphone Merek Blackberry di Yogyakarta). Jurnal Akuntansi dan Manajemen 25(2): 123-139.

Arianto, Anandhitya B. 2011. Pengaruh Atribut Produk, Harga, Kebutuhan Mencari Variasi, dan Ketidakpuasan Konsumen Terhadap Keputusan Perpindahan Merek dari Samsung Galaxy Series di Kota Malang. Jurnal Aplikasi Manajemen 11(2): 294-305.

Aziz, Fathul. 2011. Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Bauran Produk Yakult (Studi Kasus: Kelurahan Gunung Parang Kecamatan Cikole Kota Sukabumi). Skripsi. Program Sarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Harnasari, Artayati. 2009. Analisis Proses Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Cimory Yoghurt Drink di Cimory Shop Bogor. Skripsi. Program Sarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor

Hatidja, Djoni. Abdullah, Sri. Salaki, dan Deiby. 2013. Pergeseran Pangsa Pasar Kartu Seluler Pra Bayar GSM Menggunakan Analisis Rantai Markov (Studi Kasus: Mahasiswa Fmipa Unsrat Manado). Prosiding. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Yogyakarta: 55-62.

Kasmadi, Mirdhayati, I. Rahmadani, E. 2011. Preferensi Konsumen Terhadap Minuman Susu Fermentasi Di Tiga Mall Kota Pekanbaru. Jurnal Peternakan 8(1): 27 – 37.

Khasanah, Aulia Uswatun dan Kuswati, Rini. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek Pada Produk Smartphone. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis 17(2):123-131 .

Loprang, Jilly Vanessi. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Dipertimbangkan Konsumen Dalam Perpindahan Merek Mie Instan (Studi pada Mahasiswa di Kota Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen 3(4): 332-345.

Mulyadi, Andri dan Fauziyah, Elys. 2014. Preferensi Konsumen Dalam Pembelian Mi Instan Di Kabupaten Bangkalan. Agriekonomika 3(1): 65-80.

Najib, Mukhamad. 2009. Analisis Konsumen Berpindah Merek (BrandSwitcher) Pada Bank Syariah Dan Bank Konvensional (Studi Kasus Pada Nasabah Di Wilayah Darmaga Bogor). TAZKIA Islamic Finance & Business Review 4(1): 1-25.

Prastiwi, Wahyu Dyah dan Setiyawan, Hery. 2016. Perilaku Konsumsi Susu Cair Masyarakat di Daerah Perkotaan dan Pedesaan. Agriekonomika 5(1): 41-53.

Pujadi, Bambang. 2010. Studi Tentang Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek. Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang.

Rina AW, Ronald, Amelia. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Purchase Intention Melalui Social Media Marketing Terhadap Produk Frozen Yoghurt Sour Sally di Surabaya. Jurnal Gema Aktualita 3(2): 37–44.

Santoso, Dharmawan dan Najib, Mukhammad. 2015. Brand Equity Susu Cair UHT dan Pengaruhnya Pada Purchase Intention. Jurnal Manajemen & Agribisnis 12(1): 46-56.

Suharseno, Teguh, Riskin H. dan Dyah Ayu L.D. 2013. Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Karakteristik Kategori Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek dengan Kebutuhan Mencari Variasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Buletin Studi Ekonomi 18(2): 176-182.

Sumarni, R. 2010. Analisis Pergeseran Merek (Brand Switch) Produk Susu UHT Di PT. Hypermart Cabang Panakukang, Makassar. Skripsi. Program Sarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Thawil, Ayu N. 2014. Pengaruh Ketidakpuasan Pasca Konsumsi dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Handphone GSM dari Merek Blackberry Ke Samsung. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen 2(4): 73-89.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i1.1898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License