KEUNGGULAN KOMPARATIF KOMODITAS HORTIKULTURA DI KAWASAN AGROPOLITAN KECAMATAN BELIK

Watemin Watemin, Rahmi Hayati Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan komparatif dari komoditas hortikultura yang dibudidayakan oleh petani di Kawasan Agropolitan Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Data penelitian diperoleh dari responden sebanyak 50 orang petani yang dipilih secara sengaja. Data penelitian yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis Koefisien Biaya Sumber Daya Domestik (Koefisien BSD). Hasil analisis menunjukan bahwa koefisien biaya sumber daya domestik lebih besar dari satu (koefisien BSD > 1). Dengan demikian komoditas hortikultura utama yang dibudidayakan oleh petani di Kecamatan Belik tidak memiliki keunggulan komparatif dibandingkan dengan komoditas sejenis yang dibudidayakan oleh petani di negara lain.

Keywords


keunggulan komparatif, hortikultura, agropolitan

Full Text:

PDF

References


Gittinger, J.P. 1986. Analisa Ekonomi Proyek-proyek Pertanian. Terjemahan. Edisi Kedua. UI-Press dan John Hopkins. Jakarta.

Graha, A. N. 2010. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif pada UKM Pengrajin Batu Marmer di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Ekonomi Modernisasi 6(1): 74 – 92.

Kembauw, E., Sahusilawane, A., & Sinay, L. 2015. Sektor Pertanian Merupakan Sektor Unggulan Terhadap Pembangunan Ekonomi Provinsi Maluku. Agriekonomika 4(2): 210 – 220.

Maharani, N. D. Koestiono, dan Dwiastuti, R. 2014. Analisis Keunggulan Komparatif Komoditas Jagung (Zea mays L.) di Kabupaten Kediri. Jurnal Agrise 14(4): 167 – 181.

Masyhuri. 1988. Economic Incentive and Comparative Advantage in Rice Production in Indonesia. Dissertation. University of The Philipines at Los Banos. Philipines.

Monke, E.A. and Pearson, S.R. 1995. The Policy Analysis Matrix for Agricultural Development. Cornell University Press, Ithaca, USA.

Perizade, Badia. 2013. Pengembangan Keunggulan Komparatif Bangsa dalam Kemitraan Global. Makalah Seminar Nasional Rekonstruksi Ilmu-ilmu Sosial Indonesia dalam Pengembangan Pranata Sosial dan Modal Sosial Menuju Masa Depan Indonesia yang Beradab, Adil, dan Makmur. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rusdiana, S., Praharani, L., & Adiati, U. 2014. Prospek dan Strategi Perdagangan Ternak Kambing dalam Merebut Peluang Pasar Dunia. Agriekonomika 3(2): 203 – 222.

Saptana, Sunarsih, dan Indraningsih, K.S. 2006. Mewujudkan Keunggulan Komparatif Menjadi Keunggulan Kompetitif Melalui Pengembangan Kemitraan Usaha Hortikultura. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi 24(1): 61 – 76.

Simatupang, P. 1991. The Conception of Domestic Resource Cost and Net Economic Benefit for Comparative Advantage. Analysis Agribusiness Division Working Paper 2(91). Centre for Agro-Socioeconomic Research. Bogor.

Suryana, A. 1980. Keuntungan Komparatif dalam Produksi Ubikayu dan Jagung di Jawa Timur dan Lampung dengan Analisa Penghematan Sumberdaya Domestik. Tesis. Program Magister Sain Fakultas Pasca Sarjana Institut Pertanian. Bogor.

Sudaryanto, T. dan Simatupang, P. 1993. Arah Pengembangan Agribisnis: Suatu Catatan Kerangka Analisis. Prosiding Seminar Nasional Perspektif Pengembangan Agribisnis di Indonesia, Pusat Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian: 349 – 366.




DOI: https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v5i2.1827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 
Creative Commons License